News Kamis, 05 September 2024 | 15:09

Tiru Kesederhanaan Paus Fransiskus, Presiden Jokowi Kendarai Innova Zenix

Lihat Foto Tiru Kesederhanaan Paus Fransiskus, Presiden Jokowi Kendarai Innova Zenix Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia Paus Fransiskus tiba di Indonesia, Selasa, 3 September 2024.(Foto:Istimewa)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana meniru kesederhanaan yang diperlihatkan Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus saat tiba di Indonesia.

Jokowi akan menemui Kepala Negara Vatikan itu dengan menggunakan mobil Toyota Innova Zenix, sebelum penyelenggaraan acara Misa Akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, 5 September 2024.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan/Presidential Communication Office (PCO), Hasan Nasbi mengatakan langkah itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Paus Fransiskus.

"Itu bentuk penghormatan," kata Hasan Nasbi seperti dikutip di Jakarta pada Kamis, 5 September 2024.

Ia menjelaskan, pada kesempatan sebelumnya Presiden juga sering menggunakan kendaraan tersebut untuk kegiatan-kegiatan pribadi.

Namun dalam konteks pertemuan itu, lanjutnya, penggunaan mobil yang serupa dengan yang ditumpangi Paus, merupakan sesuatu yang wajar.

"Kalau datang menghadiri misa Paus (menemui Paus sebelum Misa Akbar) dengan kendaraan itu juga wajar, sebab Paus juga menggunakan kendaraan yang sama. Mencari persamaan ketimbang mengekspresikan perbedaan sangat penting dalam diplomasi dan komunikasi," ujarnya.

"Agar secara emosional jadi lebih dekat, dan komunikasi pun bisa berjalan lebih hangat," ucap Hasan menambahkan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya