News Kamis, 27 Januari 2022 | 16:01

UGM Ranking 20 Universitas Terbaik di Asia

Lihat Foto UGM Ranking 20 Universitas Terbaik di Asia Kampus Universitas Gadjah Mada. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) menduduki urutan ke-20 terbaik universitas di Asia. Sementara itu, tiga universitas milik Muhammadiyah masuk 200 besar terbaik tahun 2021.

Hal ini sesuai dengan rilis dari University Ranking (UniRank) dilihat di website https://www.4icu.org, Kamis, 27 Januari 2022. Untuk tingkat Asia dirilis 200 universitas terbaik.

Di mana urutan pertama adalah The University of Tokyo, kemudian menyusul National University of Singapore, Keio University Japan, Tsinghua University China dan The University of Hong Kong.

UGM sendiri satu-satunya universitas dari Indonesia yang masuk 20 besar. Sedangkan Universitas Indonesia di ranking 24, Universitas Brawijaya di ranking 42, Universitas Airlangga ranking 50, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Negeri Yogyakarta, masing-masing urutan 64 dan 65 terbaik di Asia.

Sedangkan tiga universitas milik Muhammadiyah yang masuk 200 besar, yakni Universitas Muhammadiyah Surakarta urutan 157, Universitas Muhammadiyah Malang urutan 182, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta urutan 199.

Merespons ranking universitas Muhammadiyah masuk 200 besar terbaik di Asia, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengungkapkan rasa bangganya.

Lewat akun Twitter dia menyebut berita menggembirakan bagi warga Muhammadiyah.  University Ranking (UniRank) merilis Top 200’s University atau Universitas Terbaik se-Asia tahun 2021.

"Dari 23 universitas terbaik di Indonesia, tiga berasal dari PTMA, yakni UMS, UMM, dan UMY," cuitnya, dilihat pada Kamis, 27 Januari 2022.

Baca juga: Prof Jamaluddin Jompa Raih Suara Terbanyak dalam Pemilihan Rektor Unhas

Dia menyebut, dalam meraih berbagai penghargaan seperti itu sungguh tidak mudah dan tidak dapat dicapai secara instan. Tapi melalui kerja keras yang berkelanjutan dalam usaha meningkatkan kualitas catur dharma secara simultan.

"Karenanya jangan menganggap penghargaan tersebut sebagai formalitas dan seolah hadiah hiburan, semuanya merupakan hasil perjuangan panjang dan menggambarkan kualitas dan kemajuan dari PTM tersebut," tulis Haedar.

Para pimpinan PTMA kata dia, telah bekerja keras penuh pengkhidmatan tinggi bagi kemajuan amal usaha di bidang pendidikan tinggi di seluruh Tanah Air dan di mancanegara.

"Kini tantangannya bagaimana meningkatkan kemajuan dan keunggulan secara lebih baik,  luas, dan merata bagi seluruh PTMA. PTMA memiliki posisi penting dan strategis bagi kemajuan persyarikatan, umat, bangsa, dan kemanusiaan global dalam mengaktualisasikan fungsi pembangunan peradaban Islam yang rahmatan lil-‘alamin," tandasnya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya