News Kamis, 07 April 2022 | 18:04

Uji Kelayakan Dewan Komisaris OJK, Anggota DPR Ungkap Tantangannya

Lihat Foto Uji Kelayakan Dewan Komisaris OJK, Anggota DPR Ungkap Tantangannya Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Hari kedua uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Calon Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2022-2027, mendapat berbagai masukan dalam menyelesaikan persoalan di tengah masyarakat.

Anggota Komisi XI DPR RI, Puteri Komarudin menegaskan agar pimpinan OJK terpilih harus mampu menyelesaikan berbagai persoalan di industri jasa keuangan.

"Selama ini industri keuangan kita diterpa berbagai persoalan baik di bidang perbankan, asuransi, hingga pasar modal. Bahkan, beberapa persoalan sampai saat ini masih belum terselesaikan, seperti kasus Jiwasraya dan Bumiputera. Termasuk masih maraknya pinjaman online ilegal. Hal-hal ini adalah pekerjaan rumah yang belum sanggup dibereskan. Sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk diselesaikan oleh DK OJK terpilih selanjutnya," kata Puteri di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis, 7 April 2022.

Dia mengimbau agar pimpinan OJK nantinya mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap industri jasa keuangan melalui peningkatan kinerja perlindungan konsumen.

"Pemimpin OJK terpilih harus berkomitmen untuk segera menyelesaikan kasus-kasus yang terus mengikis kepercayaan publik. Bersamaan itu, OJK perlu terus meningkatkan aspek perlindungan konsumen untuk menjamin kepercayaan masyarakat. Termasuk, aspek edukasi dan literasi keuangan juga perlu terus diupayakan," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengingatkan berbagai tantangan dan dinamika sektor keuangan yang semakin dinamis dan kompleks untuk diantisipasi OJK ke depan.

"Para kandidat harus bisa membawa OJK menjadi regulator yang adaptif dan responsif terhadap dinamika industri jasa keuangan yang semakin kompleks seiring transformasi digitalisasi dan tren ekonomi hijau. Termasuk, menyiapkan model kerja sama dan kolaborasi antar institusi untuk menangani kasus-kasus di sektor keuangan digital yang lintas sektor seperti aset kripto, NFT, robot trading, binary option," tuturnya.

Politisi Partai Golkar ini berharap, pimpinan OJK terpilih bisa semakin memperkuat kinerja OJK dalam memajukan industri jasa keuangan di Indonesia.

"ADK terpilih nantinya harus memiliki latar belakang dan pengalaman karier yang mumpuni di sektor jasa keuangan. Yang tak kalah pentingnya, mereka merupakan pemimpin yang visioner, berintegritas, berani mengambil risiko dan menghasilkan terobosan. Dengan begitu, harapannya, OJK bisa menjadi motor untuk mengembangkan sektor keuangan yang semakin produktif, aman, dan berkelanjutan," ucap Puteri Komarudin.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya