Daerah Jum'at, 27 Mei 2022 | 11:05

Usai Dilantik, Kades di Aceh Diarak Keliling Desa Menggunakan Gerobak Pasir

Lihat Foto Usai Dilantik, Kades di Aceh Diarak Keliling Desa Menggunakan Gerobak Pasir Salah satu Kades di Abdya di arak dengan gerobak pasir. Foto: Opsi/istimewa.

Aceh Barat Daya - Warga Desa Gelanggang Gajah, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh menyambut gembira pelantikan kepala desa.

Ungkapan itu diluapkan warga dengan mengarak keliling desa Kades ini menggunakan gerobak pasir. Gerobak ini dihias sedemikian rupa untuk dinaiki Kades sebelum melepas pakaian pelantikan.

Kades ini bernama Hakiman (46 tahun). Dia merasa sangat senang disambut dengan kebahagiaan oleh warganya. Apalagi, ini merupakan inisiatif masyarakat sehingga dirinya tidak mungkin menolak dengan alasan apapun.

"Tidak mungkin saya tolak, mungkin ini salah satu hasil perjuangan yang mereka luapkan pasca usai Pilkades dulu dan ini juga merupakan nazar dari salah satu kakak Hakiman pada saat pencalonan dulu," kata Hakiman, Jumat, 27 Mei 2022.

Data yang diperoleh Opsi, di beberapa desa lain juga melakukan hal serupa. Ada yang mengarak Kadesnya dengan becak, ada yang dipeusijuk dan ada yang melakukan pawai obor. Hal ini merupakan luapan kebahagiaan masyarakat atas dilantiknya Kades yang mereka harapkan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya