News Jum'at, 04 Maret 2022 | 11:03

Bahas IKN, Mohammed bin Salman Merangkul, Luhut Acungkan Jempol

Lihat Foto Bahas IKN, Mohammed bin Salman Merangkul, Luhut Acungkan Jempol Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Putra Mahkota Kerajaan Saudi Arabia Mohammed bin Salman. (foto: Instagram).

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menemui Putra Mahkota Kerajaan Saudi Arabia Mohammed bin Salman (MBS). Keduanya membahas pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Luhut mengaku diterima begitu hangat oleh Pangeran MBS di Riyadh. Hal itu ia ungkap di akun Instagram-nya, seperti dilihat Opsi, Jumat, 4 Maret 2022. 

Di dalam foto yang beredar di sosial media (sosmed), Pangeran MBS nampak merangkul, sementara Luhut mengacungkan jempol ke arah kamera. Keduanya terlihat tersenyum lebar. 

Baca juga: Sahat: Presiden Jokowi Mampu Bangun Komunikasi Apik ke Elite Politik dan Sipil

"Dalam menjalin hubungan baik dengan siapapun, kesan pertama haruslah dibuat sebaik mungkin. Memang ini bukan kali pertama saya diberi tugas oleh Presiden Joko Widodo untuk berkunjung ke Arab Saudi. Namun, ini adalah kali pertama saya diterima dengan begitu hangat oleh Putra Mahkota Kerajaan Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz atas undangan langsung dari beliau," ujar Luhut.

Luhut merasa senang RI dan Arab Saudi bersepakat untuk memperkuat lagi hubungan bilateral.

"Saya juga menceritakan betapa Indonesia saat ini sudah banyak kemajuan, selain saat ini kami sedang bersiap-siap untuk pembangunan Ibu Kota Negara Baru, saya juga sampaikan bahwa kami sangat terbuka dengan kerja sama dalam hal energi baru dan terbarukan hingga kerjasama dalam hal pelestarian lingkungan hidup. Satu hal ucapan terlempar setelah pertemuan selesai di mana Putera Mahkota menyebut `Bila Indonesia maju maka Arab Saudi juga maju`," kata Luhut.

Baca juga: UAS ke Menag Yaqut: Tak Mungkin Tersilaf Samakan Azan Dengan Suara Anjing

Dalam momen itu, Luhut juga mengaku bertemu dengan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al-Falih dan beberapa CEO perusahaan Arab Saudi. Pertemuan itu membahas realisasi sejumlah rencana investasi perusahaan asal Arab Saudi di Indonesia.

"Di tengah pertemuan saya sampaikan keinginan saya agar potensi investasi dari pihak Kerajaan Arab Saudi dan peluang investasi Indonesia di Arab Saudi bisa berjalan beriringan," ujarnya.

Luhut pun menyampaikan pesan khusus dari Presiden Jokowi kepada pihak Kerajaan Arab Saudi agar mereka berkenan hadir pada pertemuan Presidensi G-20 yang akan digelar di Bali nanti.

"Bak gayung bersambut, ternyata Putra Mahkota memang sudah berencana untuk berkunjung ke Indonesia dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat dalam rangka tindak lanjut segala hasil pertemuan yang terselenggara hari ini," kata Luhut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya