Daerah Minggu, 15 Mei 2022 | 20:05

Banjir Rendam 110 Rumah dan Lahan Pertanian di Mamuju Tengah

Lihat Foto Banjir Rendam 110 Rumah dan Lahan Pertanian di Mamuju Tengah Salah satu titik banjir di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulbar, Minggu, 15 Mei 2022. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Mamuju - Sedikitnya 110 unit rumah warga di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat terendam banjir. Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan meluapnya sungai Karama yang memicu banjir pada Minggu, 15 Mei 2022 pukul 10.45 WITA. 

Rumah yang terendam sesuai laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju Tengah, di Dusun Bajo dan Dusun Along-along di Desa Lemo-Lemo, Kecamatan Pangale. 

Tak hanya rumah warga, lahan pertanian milik warga juga mengalami kerusakan akibat banjir tersebut.

Beberapa titik yang masih tergenang banjir, tinggi muka air berkisar antara 50 sentimeter. 

Sulitnya akses menuju lokasi terdampak, menjadi kendala yang ditemui. 

Baca juga:

Hujan Deras, Dua Desa di Gayo Lues Aceh Dikepung Banjir

Pemerintah setempat saat ini sedang mengupayakan akses transportasi yang dapat digunakan untuk mempermudah penanganan darurat bagi warga terdampak.

Mengacu kepada prakiraan cuaca dari BMKG untuk dua hari ke depan, wilayah Mamuju berpotensi hujan ringan pada siang atau malam hari. 

"Warga yang tinggal disekitar aliran sungai lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan tertulis, Minggu, 15 Mei 2022.

Salah satunya, warga dapat melakukan pengecekan secara berkala terhadap kenaikan debit air ketika hujan deras dengan intensitas tinggi dan berdurasi panjang terjadi. 

"Hal ini dilakukan agar langkah-langkah kedaruratan dapat berjalan baik pada saat diperlukan," kata dia. []

 

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya