News Sabtu, 22 April 2023 | 18:04

BNPB Sediakan Peta Mudik Aman Bencana, Silakan Klik Tautannya

Lihat Foto BNPB Sediakan Peta Mudik Aman Bencana, Silakan Klik Tautannya Tim BNPB yang terus melakukan pengawasan selama mudik Lebaran 2023. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB menyediakan peta mudik lebaran aman bencana yang dapat digunakan para pemudik untuk kesiapsiagaan.

Peta tersebut dapat diakses pada tautan https://gis.bnpb.go.id/

Mudik di Jabar

Sejumlah titik pemantauan mudik di wilayah Jawa Barat tampak kondusif pada Jumat, 21 April 2023. Hal ini sebagaimana dilaporkan BNPB lewat rilisnya, Sabtu, 22 April 2023.

Disebutkan, tidak ada fenomena alam yang terjadi sehingga mudik berjalan lancar, seperti di tiga kabupaten, Subang, Bekasi, dan Purwakarta.

Di wilayah Subang, situasi lalu lintas kondusif dengan didukung kondisi cuaca cerah berawan. 

Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Johny Sumbung mengungkap itu saat dirinya berada di Pos Kecamatan Ciasem, Subang. 

BACA JUGA: Kapolri dan Panglima TNI Monitor Arus Mudik dari Helikopter

“Dari hasil pemantauan di rest area Km 102 dan Ciasem cuaca cerah berawan,” ujarnya. 

Johny menambahkan, secara umum kondisi situasi lalu lintas di wilayah tersebut ramai lancar dan tidak ada kejadian bencana. 

Di Kabupaten Bekasi, kondisi cuaca juga tampak cerah berawan. Suasana mudik yang terpantau di Pos Gedung Juang 45, Pos Kolaborasi di PMI, dan di PT IBU tampak berjalan lancar. 

Tidak ada kejadian bencana yang dilaporkan tim BNPB yang bertugas di kawasan tersebut. 

Petugas gabungan di lokasi dilengkapi beberapa perlengkapan, seperti mobil ambulans, motor trail dan mobil dapur umum. 

Di Kabupaten Purwakarta, tampak hujan di sore hari. Namun, kondisi tersebut tidak mengganggu lalu lintas di tengah mudik lebaran serta tidak ada laporan kejadian bencana alam di wilayah tersebut. 

Salah satu kesiapan dalam menghadapi bahaya, khususnya kecelakaan, tim gabungan telah menyiapkan tiga rumah sakit (RS) rujukan, yaitu RS Umum Daerah Bayu Asih, RS Umum Radjak dan RS Siloam. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya