Daerah Minggu, 07 Agustus 2022 | 19:08

Desa Tirta Agung, Objek Wisata Berbasis Masyarakat di Kaki Gunung Raung 

Lihat Foto Desa Tirta Agung, Objek Wisata Berbasis Masyarakat di Kaki Gunung Raung  Desa Wisata Tirta Agung yang berada di kaki Gunung Raung, merupakan objek wisata rekreasi berbasis masyarakat. (Foto: Kemenparekraf)
Editor: Tigor Munte

Bondowoso - Empat desa wisata di Jawa Timur (Jatim) masuk 50 besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.

Mulai dari Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep, dan Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso.

Desa Wisata Tirta Agung yang berada di kaki Gunung Raung, merupakan objek wisata rekreasi berbasis masyarakat yang dikelola oleh BUMDes.

BUMDes ini sendiri merupakan unit usaha yang menyuguhkan penawaran produk wisata buatan. Seperti pemanfaatan waduk, persawahan, dan sumber mata air untuk menjad atraksi wisata. 

Ada pula atraksi wisata berupa gazebo apung, kolam renang alami, kafe kala senja, flying fox.

Tersedia juga berbagai jasa layanan pariwisata, seperti persewaan tempat dan reservasi, event area, camping ground, produk kreatif dan kuliner, serta homestay.

Baca juga:

Menengok 6 Keunikan Desa Wisata Bukit Arang Gorontalo

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melakukan visitasi ke desa tersebut, Minggu, 7 Agustus 2022.

Kata dia, keberadaan desa wisata diharapkan bermanfaat bagi kesejahteraan warga. Sejalan dengan target pemerintah untuk membuka lapangan kerja baru sebanyak 1,1 juta pada tahun ini dan 4,4 juta pada tahun 2024.

Menparekraf Sandiaga memastikan pihaknya akan terus memberikan pendampingan dan fasilitasi bagi desa-desa wisata untuk terus berkembang. 

Termasuk melibatkan pihak swasta untuk memberikan pendampingan, mulai dari pelatihan sadar wisata, peningkatan kapasitas SDM, juga peningkatan sarana dan prasarana serta pemasaran. 

“Diharapkan setelah diresmikan desa wisata mampu meningkatkan jumlah kunjungan sebanyak 30 persen. Kalau di Bondowoso tadi saya sangat terkesan adalah Kala Senja, tempatnya keren banget dan itu buat spot foto keren banget,” katanya.[Kemenparekraf]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya