News Rabu, 31 Agustus 2022 | 11:08

Ginting Mundur dari Japan Open 2022, Pulang Lebih Awal ke Jakarta

Lihat Foto Ginting Mundur dari Japan Open 2022, Pulang Lebih Awal ke Jakarta Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: Dok.PBSI)
Editor: Tigor Munte

Osaka - Pebulutangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting mundur dari ajang Japan Open 2022 yang berlangsung di Osaka, Jepang.

Ginting semestinya turun bertanding pada Rabu, 31 Agustus 2022 siang ini, melawan pemain Thailand, Kunlavut Vitidsarn.

Kepastian Ginting mundur dari babak 32 besar ini dipetik dari pemberitahuan akun media sosial Twitter PBSI @INABadminton.

Disebutkan, Ginting mundur lantaran mengalami cedera punggung. Cedera ini terjadi pasca Kejuaraan Dunia 2022 lalu di Tokyo, Jepang.

"Anthony Sinisuka Ginting mundur dari Japan Open 2022 setelah alami cedera punggung bagian bawah atau low back pain. Cedera ini ia dapat saat pertandingan perempat final Kejuaraan Dunia 2022 pekan lalu," demikian akun Humas PBSI itu dilansir Opsi, Rabu, 31 Agustus 2022.

Hal ini juga diamini dr Grace Joselini Corlesa, dokter PBSI yang menemani tim Indonesia selama berada di Jepang.

"Ginting mengalami cedera punggung bawah atau kita sebut low back pain,” kata dia. 

Menurut Grace, pihaknya sudah melakukan terapi terhadap Ginting dan tata laksana medis sejak ada keluhan pasca babak perempat final di Kejuaraan Dunia melawan Viktor Axelsen di Tokyo.

Baca juga:

Japan Open 2022: Gregoria Mariska Tunjung Lolos ke 16 Besar

Menurutnya, meski kondisi Ginting membaik, tapi belum akan maksimal. 

"Jadi keputusan terbaik adalah menarik diri dari turnamen BWF level Super 750 ini," terangnya. “Sampai kemarin ada progress membaik. Tapi bila dipaksakan untuk bermain hasilnya pasti tidak maksimal dan bahkan risiko cederanya makin parah,” tutur Grace.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, akhirnya memutuskan untuk menarik keikutsertaan Ginting setelah mendengar keterangan pihak-pihak terkait.

“Saya mendengar dari pelatih Irwansyah bahwa ada satu momen ketika melawan Viktor, Ginting mencoba mengambil bola yang membuat punggungnya sakit,” ujar Rionny. 

Kata Rionny, Ginting masih mencoba latihan dua hari lalu. Namun Ginting mengaku tidak sanggup untuk bertanding karena rasa sakit apalagi ketika menunduk. 

"Rekomendasi dokter juga tidak memberikan izin untuk dia bertanding, jadi kita memutuskan untuk menariknya,” jelas Rionny.

Rionny berharap dengan penanganan yang baik, Ginting bisa cepat pulih dan kembali berlatih dan bertanding. 

Rencananya Ginting akan pulang lebih awal ke Jakarta untuk mendapat perawatan di sana. 

"Semoga dia lekas pulih dan kembali berlatih juga bertanding,” katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya