Daerah Rabu, 23 Maret 2022 | 22:03

Harga Minyak Goreng Curah Tinggi, Kapolres Sidak ke Distributor

Lihat Foto Harga Minyak Goreng Curah Tinggi, Kapolres Sidak ke Distributor Forkopimda Kota Cirebon sidak ke distributor minyak goreng curah. (Foto: Opsi/Charles)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon - Harga minyak  goreng curah di sejumlah pasar tradisional di Kota Cirebon ikut naik pasca pemerintah mencabut harga eceran tertinggi (het).

Sebelumnya, harga minyak goreng curah hanya Rp 11ribu/liter. Namun, saat ini harga terpantau tinggi menjadi Rp 19.5 ribu/liter. 

Jika sesuai ketentuan Kementerian Perdagangan sejak 16 Maret 2022, HET minyak goreng curah Rp 14ribu/liter atau Rp 15.500 ribu/liter.

Masih mahalnya minyak goreng curah diduga karena pasokan ke para pedagang di pasar-pasar tradisional di Cirebon belum normal.

Tim Fokompinda juga sempat melihat stok ketersediaan minyak goreng curah ke distributor PT Sinar Mas di pelabuhan Cirebon.

Menurut penanggung jawab PT Sinar Mas, Edi, pihaknya menyalurkan minyak goreng curah ke wilayah 3, yang sebelumnya mendapat kiriman dari kapal dan ditampung di tangki besar, berkapasitas 2000 ton

"Sudah 100 ton lebih didistribusikan ke wilayah 3 , dengan harga Rp 15ribu/kg, jadi kami hanya menampung minyak goreng curah dari kiriman kapal, kemudian ditampung di tangki, setelah itu, baru di bawa truk tangki didistribusikan ke wilayah 3," tuturnya.

Kemudian tim monitoring juga menyambangi agen PT 31 Multindo Niaga yang berlokasi di Pronggol Kelurahan Pengambiran Kecamatan Lemahwungluk, saat melakukan pemeriksaan gudang, tim menemukan mesin kemasan, yang di duga dipakai untuk mengemas minyak goreng curah.

Dari pengakuan penanggung jawa PT 31 Multindo Niaga, Iwan, mesin tersebut sudah lama tidak beroperasi.

"Udah lama gak beroperasi," tuturnya

Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar mengatakan stok minyak goreng curah aman sementara untuk harga bervariasi.

"Jadi hari ini kami dari Firkopimda Kota Cirebon dan teknis dinas terkait dan juga melakukan monitoring terhadap ketersediaan minyak goreng curah, di mana kami sudah mendatangi dua depo yang ada di pelabuhan di Kota Cirebon dan dilihat dari ketersediaan stok minyak goreng aman," tuturnya

Fahri melanjutkan, setelah melakukan pengecekan diketahui tersedia stok ada yang sudah sampai 22000 ton dan juga ada yang 300 ton tapi sambil menunggu pengiriman dari kantor pusatnya atau dari produsennya.

"Selanjutnya kami melakukan juga pengecekan ke dua agen dimana dari hasil pengecekan juga stok tersedia seperti yang kita lihat bahwa stok saat ini sudah tersedia bahkan masyarakat mengantri untuk membeli," ujarnya

Saat ini, lanjut Fahri persediaan minyak goreng curah masih aman di Kota Cirebon dan juga tersedia di agen-agen, dan ditemukan mesin pembuat kemasan untuk minyak goreng curah, tetapi berdasarkan informasi awal dari pemilik bahwa kegiatan tersebut sudah tidak dilakukan lagi.

"Nanti kami dari tim audit yang terdiri dari Satreskrim Polres Cirebon Kota bersama dinas perdagangan akan melakukan audit terhadap hal tersebut dilihat dari kemasan yang membuat kemasan dengan merek yang dibuat oleh sendiri," katanya.

Sementara, Kasi humas Polres cirebon Kota Iptu Ngatidja menghimbau masyarakat untuk tidak rabu melaporkan apabila, mendapat informasi adanya penimbunan minyak goreng curah.

"Kami siap menindaklanjuti laporan masyarakat, apabila ditemukan ada yang menimbun minyak goreng curah atau kelangkaan di daerah masing-masing segera lapor," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya