News Senin, 27 Juni 2022 | 10:06

Ini Pengurus DPC GAMKI Sumba Barat Periode 2022-2025

Lihat Foto Ini Pengurus DPC GAMKI Sumba Barat Periode 2022-2025 Pengurus DPC GAMKI Sumba Barat Periode 2022-2025. (foto: ist).

Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Gadi W Buli resmi melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GAMKI Kabupaten Sumba Barat periode 2022-2025. Pelantikan dilakukan di Aula GKS Pusat Waikabubak, Sabtu, 25 Juni 2022.

Mengutip laporan radarntt.co, adapun dalam pelantikan tersebut turut dihadiri Staf Ahli Bupati Sumba Barat Bidang Kesejahteraan, senior GAMKI Daniel Umbu Robaka dan Dato Todu, Kasat Narkoba Polres Sumba Barat, Pengurus GMKI Cabang Tambolaka, pengurus DPC GAMKI Kabupaten Sumba Tengah Agus Umbu Sorung dan Ferdy Pubu G Moni, serta pengurus DPC GAMKI Kabupaten Sumba Barat.

Untuk yang dikukuhkan sebagai pengurus inti DPC GAMKI Kabupaten Sumba Barat periode 2022-2025, yakni Ketua Samuel Dato Mesa, Wakil Ketua I Barnabas Bora Haingu, Wakil Ketua II Erene Suek, Sekretaris Alpian Otni Magho, Wakil Sekretaris I Einy Toda, Wakil Sekretaris II Emred Yuvilno Neno dan Novelia Koni Kaka Dimu.

Dalam sambutannya, Samuel Dato Mesa menyampaikan terima kasih atas kepercayaan sebagai Ketua DPC GAMKI Kabupaten Sumba Barat periode 2022-2025.

Samuel menyampaikan sejarah GAMKI panjang, mulai dari Majelis Pemuda Oikumene (MPO), Perkumpulan Pemuda Kristen Indonesia (PPKI) sampai menjadi seperti sekarang ini. 

Menurutnya, GAMKI merupakan prosesi kader yang lahir dari pemuda-pemuda Kristen di seluruh Indonesia. Samuel menegaskan, GAMKI tidak pernah berafiliasi pada suatu kekuatan politik mana pun, karena GAMKI bersifat independen.

“Pemuda-pemuda Kristen yang mandiri dan independensi GAMKI tidak terikat dengan urusan politik,” ujarnya dikutip Senin, 27 Juni 2022.

Dia mengajak seluruh pengurus DPC GAMKI Kabupaten Sumba Barat untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam membangun bangsa dan negara dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Datu Todu, selaku senior GAMKI mengatakan selama ini GAMKI di kabupaten Sumba Barat antara ada dan tiada. Ia menilai bahwa selama ini GAMKI di Kabupaten Sumba Barat belum ada gerakan yang dilakukan untuk bersinergi dengan pemerintah daerah untuk sama-sama membangun bangsa dan negara.

Dengan dilantiknya para pengurus DPC GAMKI di Kabupaten Sumba Barat, Mantan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Barat itu berharap dan menitipkan agar segera dibangun koordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan suatu gerakan dalam membantu membangun bangsa dan negara.

Sementara, Ketua DPD GAMKI Provinsi NTT, Gadi W Buli mengatakan bahwa semangat kepeloporan dapat dijadikan sebagai acuan DPC GAMKI Kabupaten Sumba Barat untuk merumuskan program-program kerjanya. Program kerja tersebut hendaknya dapat menyentuh langsung kepentingan pemuda dan masyarakat kabupaten Sumba Barat.

Gadi Buli juga menyampaikan bahwa GAMKI lahir dari rasa kepekaan dan kepeloporan generasi muda, dengan menggalang persatuan dan kesatuan, mengonsolidasikan keanekaragaman potensi, membentuk sinkronisasi dan sinergi dengan pemerintah dalam rangka menyukseskan pembangunan daerah.

Dengan hadirnya pengurus GAMKI di Kabupaten Sumba Barat, Gadi Buli meyakini bahwa GAMKI bisa memberikan peran untuk pembangunan baik secara fisik, pembangunan secara mental spiritual bahkan sumber daya manusia.

Dikatakannya, kehadiran GAMKI dapat memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah, organisasi GAMKI ini bukan sebagai batu sandungan atau masalah bagi pemerintah, tetapi justru mendukung apa yang menjadi program pemerintah.

Selanjutnya, Staf Ahli Bupati Sumba Barat Bidang Kesejahteraan Daniel Umbu Robaka, mengatakan peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa dapat dilihat dari perannya sebagai agen perubahan.

Dia meyakini GAMKI memiliki potensi dinamika dan kreativitas, berani mengambil risiko, optimis dan memiliki semangat kemandirian dan disiplin, menerima keragaman dalam bingkai persatuan, memiliki sikap patriotisme dan nasionalisme, berjiwa ksatria serta mampu mengupayakan inovasi.

“Semoga kehadiran GAMKI sebagai organisasi kepemudaan dapat memberi kontribusi yang nyata bagi pembangunan di Kabupaten Sumba Barat,” ucapnya.

Dia berharap kepada GAMKI agar berdiri paling depan untuk menjaga dan menyuarakan pesan-pesan nasionalisme di tengah persoalan bangsa yang cenderung terpecah belah oleh oknum-oknum tertentu.

Dia pun mengajak kepada seluruh kader GAMKI untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi pembangunan daerah kabupaten Sumba Barat.

“Mari perkuat sinergi dan kolaborasi, saling bekerja sama antara Pemerintah dan GAMKI sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Sumba Barat. Saya meminta agar seluruh kader GAMKI turut mengambil bagian dalam setiap program pemerintah,” katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya