News Rabu, 12 Januari 2022 | 11:01

Jokowi Gratiskan Vaksin Booster, Menkes Pastikan Stok Mencukupi

Lihat Foto Jokowi Gratiskan Vaksin Booster, Menkes Pastikan Stok Mencukupi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (foto: Humas Setkab).

Jakarta - Pemerintah akan memulai vaksin booster atau suntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga pada Rabu, 12 Januari 2022. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan stok vaksin yang ada saat ini mencukupi untuk program vaksinasi booster yang digratiskan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Pemerintah sudah memiliki vaksin yang cukup, baik yang berasal dari kontrak pengadaan vaksin tahun lalu yang akan tiba di awal tahun ini. Ada juga tambahan yang cukup signifikan dari vaksin donasi dunia, baik melalui program kerja sama COVAX maupun juga program kerjasama bilateral," ujar Budi dalam konferensi pers, Selasa, 11 Januari 2022.

Budi menyebut, COVAX Facility tahun ini meningkatkan komitmen bantuan untuk Indonesia, dari semula 20 persen dari populasi menjadi 30 persen dari populasi di Indonesia.

"Angka itu kira-kira setara dengan vaksinasi untuk 27 juta orang atau sama dengan 54 juta dosis vaksin," ujarnya.

Pemerintah juga akan membedakan merek vaksin booster yang akan diberikan kepada masyarakat dengan vaksin gotong-royong yang sedang disuntikkan kepada masyarakat tahun ini.

"Vaksinasi booster ini akan dilakukan di fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, rumah sakit pemerintah, maupun rumah sakit milik pemerintah daerah," ujar Budi.

Program vaksin booster ini akan diberikan secara gratis untuk masyarakat Indonesia yang telah berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap minimal 6 bulan yang lalu.

"Saya mengimbau, sekali lagi, agar program vaksinasi booster ini diprioritaskan untuk kelompok lansia dan juga kelompok rentan lainnya," ujar Budi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memutuskan vaksin booster atau vaksin Covid-19 dosis ketiga akan diberikan gratis untuk masyarakat Indonesia.

Terdapat lima vaksin yang rencananya akan digunakan sebagai booster dan sudah mendapat izin darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Vaksin tersebut adalah dari Pfizer, Zifivax, AstraZeneca, Sinovac, dan Moderna.

"Dan dipastikan gratis untuk masyarakat," ucap Jokowi dalam siaran pers kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 11 Januari 2022. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya