News Kamis, 24 Februari 2022 | 19:02

Jokowi Luncurkan Mesin Bor Terowongan MRT Jakarta Fase 2A

Lihat Foto Jokowi Luncurkan Mesin Bor Terowongan MRT Jakarta Fase 2A Presiden Joko Widodo di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Kamis, 24 Februari 2022. (foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi meluncurkan pengoperasian mesin bor terowongan (tunnel boring machine/TBM) untuk pembangunan transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 2A di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis, 24 Februari 2022.

"Penyediaan transportasi yang modern, yang nyaman dan terintegrasi harus terus dilanjutkan, khususnya untuk DKI Jakarta," kata Presiden Jokowi dalam keterangan yang disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A akan menyambungkan rute sejauh 6 km dari Bundaran HI hingga Stasiun Kota, melanjutkan Fase 1 yang sudah rampung dan mulai beroperasi sejak tahun 2019 dengan rute Lebak Bulus-Bundaran HI sejauh 15,7 km melewati 13 stasiun.

"Kita tahu tahun 2019 telah selesai dibangun dan sudah beroperasi untuk Fase 1 dari Lebak Bulus sampai ke Bundaran HI. Dan pada hari ini kita akan memulai dari Bundaran HI menuju ke Kota," ujarnya.

Presiden Jokowi menjabarkan bahwa MRT Jakarta Fase 2A akan melewati tujuh stasiun dengan jarak rute sepanjang 6 km. Ketujuh stasiun itu adalah Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok dan Kota. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya