News Minggu, 29 Januari 2023 | 20:01

Ketum PNPS GMKI: Tidak Pertanggungjawabkan Sertijab di Luar Kerja Formatur

Lihat Foto Ketum PNPS GMKI: Tidak Pertanggungjawabkan Sertijab di Luar Kerja Formatur PP GMKI 2022-2024 yang dilantik pada Sabtu, 28 Januari 2023. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pelantikan Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) masa bakti 2022-2024 dilaksanakan pada Sabtu, 28 Januari 2023 di GKI Kwitang, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Kongres XXXVIII GMKI yang dilaksanakan di Tana Toraja memilih Jefri Gultom sebagai Ketua Umum dan Artinus Hulu sebagai Sekretaris Umum. 

Keduanya sekaligus ketua dan sekretaris formatur yang dibantu tiga cabang lainnya, yaitu Cabang Makassar, Cabang Tondano, dan Cabang Makale sebagai anggota.

Artinus Hulu dalam laporan mengatakan, Tim Formatur telah terlebih dahulu melakukan penyusunan struktur pengurus pusat. 

Hasil kinerja formatur itu langsung dibacakan Artinus Hulu di hadapan ratusan kader GMKI dari berbagai daerah yang menghadiri acara tersebut.

Dalam sambutannya, kata Artinus, tim formatur telah bekerja selama 30 hari sebagai amanat Kongres dalam menyusun struktur personalia Pengurus Pusat GMKI dan telah dijalankan sesuai prosedur dan mekanisme. Artinya kata dia, serah terima jabatan tersebut adalah konstitusional dan sah.

“Apabila ada serah terima jabatan di luar mekanisme yang ada, maka itu tidak sah dan itu inkonstitusional dan ingin memecah belah organisasi ini,” tegas Artinus.

Artinus juga mengajak seluruh civitas GMKI Setanah Air untuk mendukung PP GMKI periode 2022-2024 dan menolak sertijab yang dilakukan di luar keputusan kerja formatur.

“Gerak adalah kunci dalam hidup ini. Begitupun bagi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), organisasi yang sama-sama kita cintai ini. Frasa Gerakan (movement) dalam akronim (G)MKI menegaskan tentang sifatnya yang dinamis, aktif-progresif bak spiral maju, dan bergairah secara total untuk terus-menerus memperbaharui diri serta lingkungan dunianya. Mari kita memandang ke depan, memandang pekerjaan pelayanan yang telah menunggu,” tutupnya.

 Baca juga: Sah! PP GMKI Masa Bakti 2022-2024 Resmi Dilantik

Ketua Umum Pengurus Nasional Perkumpulan Senior (PNPS) GMKI, Febry Calvin Tetelepta mengatakan, dirinya tidak tahu lagi jika ada sertijab Pengurus Pusat GMKI di luar kerja-kerja Tim Formatur.

Lanjutnya, Tim Formatur yang merupakan mandataris pada kongres adalah equal atau sama. Tidak ada yang lebih tinggi, dan tidak ada yang lebih rendah.

“Jika ada sertijab diluar kerja formatur, saya tidak mengerti organisasi macam apa lagi kita ini. Saya berharap jangan ada yang seperti itu. Saya berharap semua senior GMKI agar tidak memberikan api atau sumbu dalam proses adik-adik kita ini. Yakin dan percaya malam hari ini, sebagai bentuk kecintaan kepada seluruh jajaran Pengurus Pusat yang hadir akan membawa GMKI menjadi Organisasi Gerakan Pelayanan,” ujarnya.

Akhir sambutannya, Febri memastikan semuanya akan berjalan dengan baik dan yakin bahwa PP GMKI MB 2022-2024 akan menjadi yang terbaik.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya