News Kamis, 02 Maret 2023 | 16:03

Koleksi Rumah dan Mobil Mewah Diduga Milik Rafael Alun, KPK Cari Tahu Asalnya

Lihat Foto Koleksi Rumah dan Mobil Mewah Diduga Milik Rafael Alun, KPK Cari Tahu Asalnya Kendaraan mewah yang diduga milik keluarga Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Twitter @logikapolitikid)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Rafael Alun Trisambodo, ASN di Kementerian Keuangan menyedot perhatian seantoro Tanah Air.

Setelah kasus kekerasan yang dilakukan putranya, MDS (20) terhadap David (17) di Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Senin, 20 Februari 2023 lalu, nama Rafael meletup ke publik.

Tak lain karena putranya, MDS dikenal sebagai orang yang suka mempertontonkan gaya hidup mewah, hingga dibagikan ke media sosial.

Publik kemudian mencurigai harta dan kekayaan ayah MDS, yakni Rafael Alun yang merupakan pejabat eselon III di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pada 2021, Rafael Alun sebesar Rp 56 miliar, dicurigai melihat profil jabatannya di DJP Kemenkeu.

KPK dan Kemenkeu bahkan sudah melakukan upaya klarifikasi dan penelusuran kebenaran harta kekayaan Rafael, seperti mobil Rubicon yang digunakan MDS saat menganiaya David.

Kemudian motor Harley Davidson yang sering digunakan MDS dan dipamerkan di media sosial.

Dalam keterangan pers Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara pada Rabu, 1 Maret 2023, menyebutkan bahwa mobil Rubicon bukan milik Rafael Alun sesuai pengakuannya kepada tim pemeriksa.

BACA JUGA: KPK Tangani Dugaan Pencucian Uang oleh Rafael Alun Trisambodo

Mobil disebut milik kakak Rafael Alun. Demikian juga dengan sejumlah kendaraan dan tas mewah merupakan milik anak menantu Rafael Alun.

Tim dari Kementerian Keuangan sudah meminta dokumen-dokumen kepemilikan semua kendaraan tersebut guna menguatkan keterangan Rafael Alun.

Sementara itu, di media sosial diungkap sejumlah harta yang diduga milik Rafael Alun. Seperti diungkap netizen dengan akun  LOGIKA POLITIK @logikapolitikid pada 24 Februari 2023.

Opsi memetikanya pada Kamis, 2 Maret 2023.

Di menyebut koleksi rumah dan mobil mewah keluarga Rafael Alun, seperti rumah tinggal di Simprug, Yogyakarta, rumah tinggal di Blok U Jakarta Barat, dan rumah di Manado.

Masing-masing rumah itu menurut dia, punya kolam renang tersendiri. 

BACA JUGA: Rafael Alun Ditolak Mundur dari ASN Ditjen Pajak, Ini Alasannya

"Waktu nyamar jadi Pot Bunga, di garasinya ada Land Cruiser 2, et ini baru satu garasi di satu rumah yah," tulisnya.

"Garasi Rmh yang di Yogya Timoho gak kalah keren coy, ada Camry Modif aksesoris mehong," tambahnya.

"Waktu nyamar jadi Barbel, ini Ruang fitness di rmh mewahnya yang di Timoho Yogya," tulisnya lagi.

Diungkapnya juga Restoran Bilik Kayu/Kopi di Timoho Yogya atau di Jakarta. Diunggah juga sejumlah tas mewah milik istri Rafael Alun. 

Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan saat konpers bersama Wamenkeu, mengatakan berapapun harta seorang pejabat silakan ditaruh di LHKPN.

Menurutnya, tidak ada kesalahan di sana sepanjang asalnya bisa dipertanggungjawabkan.

"Nah, ini karena hartanya besar, kita cari pertanggungjawaban asalnya. Kalau asalnya gratifikasi, buktinya ada pasti kita pindahkan ke teman-teman penindakan," terangnya.

Target pihaknya kata Pahala, bukan sekadar klarifikasi hartanya benar atau tidak, tetapi asalnya dari mana. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya