News Rabu, 09 Maret 2022 | 16:03

Luhut: Tahun Ini Pangeran MBS Akan Datangi RI Dua Kali

Lihat Foto Luhut: Tahun Ini Pangeran MBS Akan Datangi RI Dua Kali Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Putra Mahkota Kerajaan Saudi Arabia Mohammed bin Salman. (foto: Instagram).

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Putra Mahkota Kerajaaan Saudi Arabia (KSA) Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) berencana dua kali mengunjungi Indonesia pada 2022 ini.

"MBS (Muhammed bin Salman) menyampaikan ke saya, beliau akan datang ke Indonesia dua kali tahun ini. Pertama sebelum G20 dan itu kita berharap bisa tanda tangani semua `item` proyek dengan pemerintah Indonesia dan kunjungan kedua beliau akan datang di G20," kata Luhut di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, 8 Maret 2022.

Luhut menyampaikan hal tersebut setelah melaporkan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenai hasil kunjungannya ke Riyadh, Arab Saudi beberapa waktu lalu.

Baca jugaBahas IKN, Mohammed bin Salman Merangkul, Luhut Acungkan Jempol

Menurut Luhut, Pangeran MBS tertarik untuk bekerja sama dalam beberapa proyek, antara lain pembangunan ibu kota negara (IKN), suplai minyak mentah untuk petrokimia, hingga mangrove, dan terumbu karang.

"Jadi ada beberapa proyek yang ingin `crown` Mohammed bin Salman untuk kita kerja samakan, termasuk ibu kota, suplai `crude oil` kita sebanyak kira2 1,4 juta berel per hari, mangrove, `coral reef` dan tadi mereka juga masuk ke `sovereign wealth fund` kita, Jadi PIF (The Public Investment Fund) mereka akan masuk di INA (Indonesia Investment Authority) untuk berbagai macam proyek," katanya.

Baca jugaKonjen RI Respons Kabar Raja Salman bin Abdulaziz Meninggal Dunia

Sebelumnya, Luhut dalam unggahannya di Instagram menceritakan pengalamannya dijamu secara akrab oleh Pangeran Mohammed bin Salman atau MBS. Dia diundang dalam acara makan malam di halaman Istana Kerajaan bersama jajaran kabinet senior Arab Saudi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya