News Kamis, 14 April 2022 | 00:04

Mendagri Bilang Presiden Jokowi Siap Buat Perpres Logistik Pemilu 2024

Lihat Foto Mendagri Bilang Presiden Jokowi Siap Buat Perpres Logistik Pemilu 2024 Mendagri Tito Karnavian. (Foto: Twitter/titokarnavian_)

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap membuat peraturan presiden (Perpres) mengenai logistik Pemilu 2024.

Hal itu dikatakan Mendagri Tito dalam rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 13 April 2022.

Tito menjelaskan, dalam penyelenggaraan Pemilu salah satu persoalan mendasar adalah masalah pengadaan logistik.

Baca jugaKomisi II DPR RI Tegaskan Jadwal Pemilu Serentak 14 Februari 2024

"Kadang-kadang memerlukan waktu terutama masalah lelang," ujarnya di Gedung DPR, dikutip Kamis, 14 April 2022.

Mendagri berkata, presiden telah memerintah Menkopolhukam dan Kemendagri untuk menyiapkan regulasi yang dibutuhkan, selama tidak bertentangan dengan hukum.

"Disiapkan regulasi dari pemerintah, salah satunya adalah pengadaan barang dan jasa logistik pemilu," tutur mantan Kapolri itu.

Mendagri juga meminta penyelenggara Pemilu agar dapat menghitung anggaran Pemilu dengan efektif dan seefisien mungkin.

Baca jugaBawaslu Sampaikan Program Strategis Prioritas Jelang Pemilu 2024

"Mohon segala hormat dikalkulasi betul anggarannya agar bisa seminimal mungkin, tapi bisa tetap mencapai target pemilu," ucapnya.

Mendagri lanjut menjelaskan, di tengah situasi saat ini pemerintah, negara dan rakyat masih membutuhkan biaya. Sebab, belum ada kepastian apakah pandemi sudah selesai pada tahun 2024 mendatang.

"Kita masih dalam tahap pemulihan ekonomi, masih banyak yang terdampak, banyak program strategis nasional (PSN) di daerah yang belum terselesaikan. Ini juga memerlukan biaya," kata Mendagri.

Komisi II mengelar rapat kerja bersama Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya