Pilihan Rabu, 26 Oktober 2022 | 12:10

Mengenal Tradisi Pesta Gotilon di Gereja HKBP

Lihat Foto Mengenal Tradisi Pesta Gotilon di Gereja HKBP Jemaat HKBP Janji Angkola menyampaikan persembahan berupa beras dalam Pesta Gotilon. (Foto: HKBP)
Editor: Tigor Munte

Siantar - Huria Kristen Batak Protestan atau HKBP merupakan salah satu gereja berbasis kesukuan terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Jumlah jemaatnya yang tersebar di seluruh Tanah Air diperkirakan mencapai 4,5 juta jiwa. Saat ini gereja yang dipimpin seorang ephorus bernama Pdt Dr Robinson Butarbutar tersebut tengah menggelar Sinode Godang (Agung) ke-66.

Sinode digelar di Auditorium Seminarium Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara pada 25-27 Oktober 2022.

Sinode ini akan merumuskan sejumlah aturan bagi HKBP, salah satunya soal sentralisasi keuangan gereja, dan tentunya banyak hal lainnya.

Di luar agenda sinode, salah satu yang menarik dari gereja besar ini adalah perhelatan Pesta Gotilon. Pesta yang tak jarang kita dengar dan saksikan dilakukan oleh ruas atau jemaat gereja.

Mengutip akun Facebook Pdt Nelson Siregar, pendeta HKBP yang sudah purna tugas, Pesta Gotilon adalah tradisi perayaan pasca panen. 

"Sampai sekarang tradisi perayaan paska panen (gotilon) tetap dilakukan jemaat," tulisnya dikutip Opsi, Rabu, 26 Oktober 2022.

Disebutnya, di Sigumpar, Kabupaten Tapanuli Utara, selain membawa hasil panen berupa beras, buah, makanan aneka kuliner, terlihat juga peran serta anak-anak yang mengikuti acara ibadah, tortor, dan pengumpulan partisipasi pembangunan serbaguna. 

Baca juga:

HKBP Gelar Sinode Agung ke-66 di Tapanuli Utara

Menurut pendeta yang dikenal juga aktivis kemanusiaan ini, peran semua warga menunjukkan prinsip dasar bahwa jemaat yakin dapat mandiri atau bahasa Batak-nya manjujung baringinna, untuk memenuhi tanggung jawab mewujudkan panca tugas gereja.

Adapun panca tugas gereja, adalah bersekutu, beribadah, bersaksi, menyelenggarakan edukasi, dan melayani. "Semoga tradisi partisipatif ini berkelanjutan," tukasnya.

Dilansir dari laman HKBP, jemaat HKBP Janji Angkola pada Minggu, 21 Agustus 2022 lalu menggelar Pesta Gotilon.

Jemaat di sana mensyukuri berkat Tuhan, melalui panen padi yang melimpah, karena memang warga jemaatnya di sana mayoritas petani.

HKBP Janji Angkola yang dipimpin Pendeta Resort Japaris Nainggolan merayakan Ibadah Syukur Pesta Gotilon yang dirangkai dengan ibadah Minggu di gereja tersebut.

Dalam Pesta Gotilon, masing-masing keluarga mengusung hasil panen padi satu goni besar ke altar gereja dan menjadi persembahan ucapan syukur atas berkat Tuhan lantaran panen padi melimpah.

Warga jemaat bersama pelayan juga mengadakan makan bersama untuk mensyukuri berkat Tuhan tersebut. 

Pdt Japaris menjelaskan, sudah menjadi tradisi di HKBP Janji Angkola setiap keluarga jemaat mempersembahkan satu karung goni ukuran besar berisikan padi empat sampai lima kaleng buah sulung hasil panen padi dan dibawa ke altar gereja sebagai persembahan ucapan syukur. 

“Setiap keluarga mempersembahkan satu karung goni besar berisikan seberapa banyak benih padi yang mereka tanam, sebanyak itu mereka membawa hasil panennya, itu semata ucapan syukur di luar persembahan bulanan dan persembahan Tahun,” terangnya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya