News Minggu, 24 September 2023 | 17:09

Meski Kalah dari Korut, Tim U-24 Indonesia Lolos ke 16 Besar Asian Games 2022

Lihat Foto Meski Kalah dari Korut, Tim U-24 Indonesia Lolos ke 16 Besar Asian Games 2022 Tim U-24 Indonesia di Asian Games 2022. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Tim U-24 Indonesia diperkirakan lolos ke fase 16 besar Asian Games, lewat jalur 4 tim peringkat tiga terbaik meski mengalami kekalahan dari Korut pada laga Minggu, 24 September 2023.

Informasi ini disampaikan admin akun Twitter FaktaBola @FaktaSepakbola. Disebutkan, data dari Wikipedia, Indonesia memimpin klasemen peringkat 3 terbaik. 

Dalam penentuan peringkat 3 terbaik, hasil pertandingan lawan tim peringkat terakhir di grup masing-masing tidak dihitung.

Hal ini karena ada grup yang anggotanya cuma 3 tim, sementara grup-grup lain 4 tim. Biar adil, maka hasil lawan tim peringkat 4 tidak dihitung.

Indonesia punya advantage, karena tim peringkat 4 di Indonesia adalah Chinese Taipei. Jadi kekalahan Indonesia melawan Taipei waktu itu, tidak masuk hitungan.

Tapi kemenangan 2-0 Indonesia atas Kyrgyzstan dihitung, karena Kyrgyzstan finish di peringkat 2 Grup. Itulah kenapa Indonesia punya 3 poin pada klasemen di bawah ini.

BACA JUGA: Asian Games 2022, Duel Hidup Mati Tim U-24 Indonesia Hadapi Korea Utara

Indonesia juga sudah dipastikan finish di atas Qatar, pada penentuan peringkat 3 terbaik ini, karena Qatar sudah tidak ada pertandingan lagi. Anggota grup Qatar cuma 3 tim.

Asumsi Indonesia selalu di atas Qatar, memastikan Indonesia tidak akan finish di peringkat 5. Itu artinya Indonesia lolos ke fase 16 besar Asian Games. 

Kalah

Dalam laga terakhir melawan Korut, Indonesia kalah 0-1 di Zhejiang Normal University East Stadium, China. 

Indonesia dan Korut bermain imbang pada menit awal pertandingan babak pertama. Namun gawang Ernando bobol pada menit 40`. Skor 1-0 untuk Korut bertahan sampai babak pertama bubar.

Babak kedua, Indonesia kesulitan menembus pertahanan Korut. Beberapa kali bangunan serangan dari sisi kiri kanan gagal menembus pertahanan Korut.

Sebaliknya Korut juga berusaha menambah pundi gol. Namun upaya penyerang Korut berhasil disapu pemain bertahan yang dikomandoi Rizki Ridho yang juga kapten tim.

Hingga peluit pertandingan dibunyikan wasit, tidak ada tambahan gol dalam laga ini. Indonesia berada di urutan ke-3 klasemen grup F.

Korut dengan poin 9 hasil tiga kali menang melawan China Taipei, Kirgistan, dan Indonesia. Kirgistan di urutan ke-2, setelah meraih kemenangan 4-1 atas China Taipei. 

Indonesia dan Kirgistan sama-sama mengantongi poin 3 hasil satu kali menang dan satu kali kalah. Kirgistan unggul memasukkan gol dengan empat gol, sementara Indonesia memasukkan dua gol. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya