Daerah Selasa, 15 November 2022 | 17:11

MIPA UNSRAT Kembangkan Kompetensi TI Aparatur Desa Tiwoho Minahasa Utara

Lihat Foto MIPA UNSRAT Kembangkan Kompetensi TI Aparatur Desa Tiwoho Minahasa Utara Kegiatan pengabdian masyarakat Jurusan Matematika MIPA UNSRAT di Minahasa Utara. (Foto: ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) memulai rangkaian sosialisasi dan pelatihan dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat. 

Kegiatan dimulai dari Desa Tiwoho Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara pada 2 November 2022. 

Ketua Jurusan Matematika MIPA UNSRAT Dr. Drs. Nelson Nainggolan, M.Si. menerangkan, kegiatan ini ditujukan sebagai penguatan peran dan kapasitas perangkat desa dalam bidang teknologi.

Menurutnya, merupakan tanggung jawab perguruan tinggi dalam hal ini Jurusan Matematika Fakultas MIPA UNSRAT untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dalam membantu desa beradaptasi dengan arus teknologi yang kian deras. 

"Kiranya dengan kegiatan pelatihan dan sosialisasi ini, Desa Tiwoho dapat memaksimalkan potensi desa dengan memanfaatkan teknologi informasi,” kata Nelson dalam pembukaan kegiatan. 

Baca juga:

Fakultas MIPA Unsrat Dorong Percepatan Transformasi Digital di Desa Darunu, Minahasa Utara

Kepala Desa Tiwoho, Wenny Mirah, S.E. menyampaikan terima kasih kepada Jurusan Matematika Fakultas MIPA UNSRAT yang telah bersedia melakukan pengabdian masyarakat di desanya.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi aparatur desa secara khusus dalam bidang teknologi. Dengan demikian, Desa Tiwoho bersiap bertransformasi menjadi desa digital,” ujarnya. 

Penanggung jawab kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Tiwoho, Mans L. Mananohas, S.Si., M.Si. mengatakan, sosialisasi dan pelatihan database kependudukan ini merupakan puncak dari rangkaian pengabdian masyarakat di Desa Tiwoho.

Di mana tahapan-tahapan pengembangan sistem informasi desa telah melalui tahapan requirement analysis, system development hingga pada akhirnya pelatihan dan sosialisasi bagi aparatur desa.

 "Pada momentum ini, Tim Pengabdian Masyarakat juga menyerahkan website desa kepada Kepala Desa Tiwoho agar dapat digunakan untuk mengelola data kependudukan dan sebagai media informasi dan komunikasi Desa Tiwoho,” katanya.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan pelatihan teknis dibawakan tim teknis beranggotakan Mahardika Takaendengan, M.Si, Sanriomi Sintaro, M.Kom, Aditya Lapu Kalua, M.C.I.S, Siska Ayu Widiana, M.Kom, Edwin Tenda, M.Kom dan Dodi Lapihu, M.Kom dari Program Studi Sistem Informasi Fakultas MIPA UNSRAT. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya