News Senin, 09 Mei 2022 | 14:05

Ops Ketupat 2022 Ditutup, Angka Kecelakaan Turun 31 Persen

Lihat Foto Ops Ketupat 2022 Ditutup, Angka Kecelakaan Turun 31 Persen Mengurai kemacetan Polri terapkan One Way. (Foto: Opsi/Humas Polri)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Polri sudah menutup Operasi Ketupat 2022. Operasi berjalan lancar dan angka kecelakaan juga turun. Kakorlantas menyampaikan apresiasi kepada masyarakat.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, berdasarkan data diperoleh, angka kecelakaan pada Operasi Ketupat 2022 mengalami penurunan 31 persen. 

Hal itu jika dibandingkan musim mudik dan balik Lebaran 2019 periode sebelum pandemi Covid-19.

"Fatalitas menurun. Inilah yang kami harapkan operasi lancar bisa bersilaturahmi, kecelakaan turun, fatalitas juga turun dan moga-moga covidnya juga tidak yang dibawa pulang kembali ke Jakarta," kata Firman dilansir Senin, 9 Mei 2022.

Disebut, pihaknya sudah mengakhiri rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap saat arus balik mudik Lebaran 2022 dari Tol Kalikangkung sampai Tol Jakarta-Cikampek.

Kebijakan ini kata Firman, diambil setelah melihat kondisi lalu lintas saat arus balik yang sudah mulai lancar.

"Kami melaporkan kepada pimpinan bahwa kami akan menyelesaikan menutup penerapan ganjil genap yang sudah kami terapkan sejak tanggal 5, kemudian diperpanjang sampai dengan tanggal 6," kata Firman.

Baca juga:

korlantas-polri-harap-kampung-tertib-lalu-lintas-di-mamuju-jadi-contoh-daerah-lain">Korlantas Polri Harap Kampung Tertib Lalu Lintas di Mamuju Jadi Contoh Daerah Lain

Firman pun menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif masyarakat selama arus mudik dan balik.

Menurut dia, peran aktif masyarakat membuat sukses pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi. (Foto: Humas Polri)

"Sebagai indikator suksesnya operasi ini juga adalah karena peran serta seluruh masyarakat yang terus memberikan masukan kepada kami selama melayani kegiatan operasi ini," ujarnya.

Selama operasi kepolisian bekerja maksimal. Polri kata dia, akan terus melakukan evaluasi jika ada hal yang kurang terkait pelaksanaan pengamanan mudik lebaran.

"Alhamdulillah seluruhnya bisa kita selesaikan dengan baik. Tentunya masih ada catatan-catatan yang akan kami jadikan bahan evaluasi ke depan," tuturnya.

Sementara itu, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi sudah meminta jajaran Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Barat, dan Polda Metro Jaya bersiap untuk melakukan penormalan rekayasa lalu lintas arah tol Kalikangkung KM 414 Semarang sampai Tol Jakarta-Cikampek dan sebaliknya.

Eddy juga meminta jajaran yang bertugas untuk mempersiapkan normalisasi rekayasa lalin, seperti penggulungan traffic cone dan sebagainya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya