Daerah Selasa, 20 Agustus 2024 | 12:08

Peringati HUT ke-79 RI, Lapas Kelas IIA Siantar Gelar Upacara Hari Pengayoman

Lihat Foto Peringati HUT ke-79 RI, Lapas Kelas IIA Siantar Gelar Upacara Hari Pengayoman Upacara Peringatan Hari Pengayoman Ke-79 tahun 2024 di Lapangan Upacara Lapas Narkotika Siantar, Senin, 19 Agustus 2024.(Foto:Istimewa)

Siantar - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pematangsiantar menggelar Upacara Peringatan Hari Pengayoman Ke-79 tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Upacara Lapas Narkotika Siantar, Senin, 19 Agustus 2024.

Upacara ini mengusung tema "Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi Untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045" ini sekaligus memperingati HUT ke-79 RI. Kegiatan ini turut diikuti oleh jajaran Lapas Narkotika Siantar dan Kantor Imigrasi Siantar.

Inspektur upacara yang juga Kepala Lapas Kelas IIA Pematangsiantar, M. Pithra Jaya Saragih dalam amanatnya menyampaikan sambutan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H Laoly.

"Sebagai insan pengayoman, kita memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar. Kita adalah garda terdepan dalam penegakan hukum dan pelindung hak asasi setiap warga negara," kata Kalapas membaca amanat tersebut.

"Tugas kita bukan hanya sekadar menjalankan peraturan, tetapi juga memberikan rasa aman dan keadilan bagi masyarakat," sambungnya.

Pada momen Hari Kemerdekaan ini juga turut dilaksanakan pemotongan kue ulang tahun serta tumpeng sebagai agenda syukuran Hari Pengayoman ke-79. 

Kegiatan ini diadakan untuk mempererat kekeluargaan serta tali silaturahmi antar ketiga UPT Pengayoman di wilayah Siantar-Simalungun. 

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan solidaritas serta sinergitas yang positif di usia ke-79 Kementerian Hukum dan HAM ini.

Ia menjelaskan, pelaksanaan upacara ini merupakan suatu perwujudan semangat nasionalisme dalam rangka mengisi kemerdekaan. 

"Dengan semangat perjuangan dan cinta Tanah Air, puncak keberhasilan bukan hanya terukur dari prestasi yang telah diraih, tetapi dari seberapa besar dampak positif dan kemanfaatan yang kita berikan kepada masyarakat, bangsa dan negara," ucap Kalapas Pithra Jaya Saragih.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya