Daerah Sabtu, 12 November 2022 | 16:11

Polisi Tahan Pria di Humbahas yang Mutilasi dan Rebus Potongan Tubuh Istrinya

Lihat Foto Polisi Tahan Pria di Humbahas yang Mutilasi dan Rebus Potongan Tubuh Istrinya Sejumlah aparat kepolisian di lokasi kejadian di Dolok Sanggul, Humbahas, Sumut. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Humbahas - "Bah Ngeri Nai (aduh, ngeri kali itu)," itu judul status Facebook seorang warganet Dan`s Lumbantoruan pada Sabtu, 12 November 2022.

Status itu mengungkap adanya kasus pembunuhan sadis di Lumban Sonang, Desa Pasaribu, Jalan Dion, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara. 

Disebutnya, terkonfirmasi pada Sabtu, 12 November 2022 kejadian sadis telah terjadi di salah satu rumah dengan pemiliknya marga Munthe.

"Seorang korban berjenis kelamin perempuan diduga istrinya sendiri dimutilasi, dengan cara dicincang dan (kemudian) dibakar di belakang rumahnya sendiri," tuturnya dipetik Opsi, Sabtu, 12 November 2022.

Peristiwa yang kemudian viral di berbagai media sosial itu memang sangat mengejutkan. Pelaku disebut berinisial HM (45), warga Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas.

Dia menghabisi nyawa istri, NS (43) pada Kamis, 10 November 2022 di rumah mereka, dengan cara dimutilasi. Bahkan potongan tubuh NS direbus dan dibakar.

Kasus ini terkuak berkat laporan abang kandung pelaku, yakni Mamangko Munthe (49). Dia  sengaja mendatangi Polres Humbang Hasundutan.

Melaporkan bahwa adiknya berinisial MH telah membunuh NS, istri adiknya itu. Polisi yang menerima laporan segera turun ke lokasi kejadian.

Baca juga:

mutilasi-dan-rebus-potongan-tubuh-istrinya">Seorang Pria di Humbahas, Mutilasi dan Rebus Potongan Tubuh Istrinya

Kasat Reskrim Polres Humbahas Iptu Master Purba dalam keterangan yang dipetik Opsi, mengungkap pembunuhan itu terjadi pada Kamis, 10 November 2022.

Bermula dari pengakuan HM sendiri kepada HJ, yakni anak dari Mamangko. HM mengaku sudah membunuh istrinya, yang merupakan inanguda (tante) HJ.

”Saya sudah mematikan inangudamu,” kata Master menirukan ucapan MH kepada HJ.

Mendapat pengakuan yang mengejutkan itu, HJ mengabari ayahnya, Mamangko Munthe.

”Pak, inanguda sudah dimatikan uda (pelaku),” kata HJ kepada ayahnya.

Mamangko lalu bergegas ke rumah adiknya guna memastikan hal itu. Apa yang disampaikan anaknya ternyata benar, setelah tiba di rumah HM.

Mamangko menemukan potongan tubuh NS dan melihat HM tengah membakar beberapa bagian tubuh lainnya.

Kata Master, pada saat kejadian Kamis, 10 November 2022, NS dibunuh HM dengan cara mencekik leher.

"Setelah meninggal, pelaku memutilasi kepala, tangan, dan kaki korban,” ungkapnya.

Setelah dimutilasi, MH merebus potongan tubuh istrinya. Tangan direbus dalam panci, sedangkan kaki dibakar, kepala ditemukan di dalam rumah.

Dia belum bisa menyebut motif MH menghabisi nyawa istrinya. HM sudah diamankan di Polres Humbahas.

Sedangkan bagian atau potongan tubuh NS dibawa ke RSUD Dolok Sanggul guna dilakukan visum luar.

Hasil keterangan yang digali polisi dari lokasi kejadian, MH dikabarkan pernah mengalami gangguan jiwa. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya