News Senin, 07 Maret 2022 | 14:03

Selain Prabowo Subianto, Tiga Kader Gerindra Ini Dinilai Potensi Jadi Capres 2024

Lihat Foto Selain Prabowo Subianto, Tiga Kader Gerindra Ini Dinilai Potensi Jadi Capres 2024 Logo Partai Gerindra.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Pengamat politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengungkapkan tiga nama kader Partai Gerindra yang berpeluang maju menjadi calon presiden pada kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Emrus mengungkapkan, tiga sosok kader potensial itu di luar nama Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto

"Prabowo tidak maju di Pilpres 2024 itu tidak mungkin, namun jika ada rencana cadangan, maka ada ketiga kader yang layak," kata Emrus mengutip catatan ANTARA di Jakarta, Senin, 7 Maret 2022.

Kader yang dimaksud Emrus Sihombing adalah Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno, Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, dan Sekretaris Jenderal DPP Gerindra Ahmad Muzani. 

Menurutnya, Sandiaga Uno memiliki kelebihan berupa tingkat elektabilitas cukup tinggi. Sebab, Sandiaga Uno pernah maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019. 

"Sandiaga ini kader Gerindra yang paling dikenal masyarakat karena pernah maju, lalu sekarang menjadi menteri dan juga memiliki sumber daya yang memadai," ujarnya.

Selanjutnya, Sufmi Dasco Ahmad juga memiliki kelebihan jaringan politik dan pergaulan yang luas, seperti dekat dengan aktivis pemuda dan mahasiswa. Oleh karena itu, Emrus menilai sosok Dasco dapat diterima masyarakat umum. 

"Dasco, sebagai Ketua Harian DPP Partai Gerindra dan juga sebagai Wakil Ketua DPR RI, memiliki kelebihan yang diterima masyarakat karena jaringan politik dan pergaulan yang luas," tuturnya.

Kemudian, Ahmad Muzani juga memiliki kelebihan yang sama, yaitu sebagai Sekjen DPP Partai Gerindra dan juga Wakil Ketua MPR RI. 

Emrus menilai Muzani memiliki kemampuan dan posisi strategis serta dikenal dekat dengan para ulama. 

"Rencana cadangan itu masih sangat cair, yang pasti Prabowo tetap akan maju sebagai calon presiden," ucap Emrus.

Kendati demikian, Emrus Sihombing menyebut peluang Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 masih sangat besar karena Menteri Pertahanan itu merupakan tokoh sentral di Partai Gerindra.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya