Daerah Rabu, 02 Maret 2022 | 14:03

Tiga Hari ke Depan, Sumatra Utara Hujan Deras

Lihat Foto Tiga Hari ke Depan, Sumatra Utara Hujan Deras Petugas BPBD Kota Medan saat mengevakuasi warga terdampak banjir. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte Reporter: , Andi Nasution

Medan - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, memprediksi wilayah Sumatra Utara bakal terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga deras.

Perkiraan itu dihitung mulai 1 hingga 3 Maret 2022, sesuai dengan pola angin gradien adanya gangguan cuaca, berupa daerah dengan tekanan rendah (low) di wilayah Samudra Hindia Barat Aceh.

Pola itu mengakibatkan belokan angin dan daerah pertemuan angin (konvergen) di wilayah lereng timur dan pegunungan Sumatra Utara.

Baca juga: Banjir Medan Jadi Sorotan, Bobby Nasution Langsung Minta Maaf

"Berdasarkan analisis sebelumnya, maka wilayah Sumatra Utara dalam 3 hari ke depan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga deras, disertai petir dan angin kencang dengan durasi yang lama, dan cakupan wilayah yang luas yang dapat mengakibatkan terjadinya hidrometeorologi berupa banjir bandang, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi," kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan Darmawan, Rabu, 2 Maret 2022.

Menyikapi kondisi tersebut, tambah dia, agar para pemangku kepentingan dan seluruh komponen masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan terjadinya bencana hidrometeorologi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya