Daerah Senin, 14 Februari 2022 | 22:02

Tulang Ikan Raksasa di Selayar Diduga Jenis Hiu atau Paus

Lihat Foto Tulang Ikan Raksasa di Selayar Diduga Jenis Hiu atau Paus Tulang ikan raksasa ditemukan di Kepulauan Selayar Sulsel. (Foto: Opsi/Netizen)
Editor: Rio Anthony

Selayar - Tulang ikan raksasa ditemuka di Kabupaten Kepulauan Selayar. Tulang ikan raksasa itu diduga merupakan jenis hiu atau mamalia paus.

"Kalau dilihat dari ukuran tulangnya dari foto yang beredar, kemungkinan hiu atau paus," kata dosen Perikanan Unhas, Dr. Irmawati Haris kepada, Senin 14 ebruari 2022.

Namun demikian menurut Irmawati, perlu dilakukan riset atau penelitian lebih lanjut untuk memastikan atau mengidentifikasi jenis ikan yang tulang dan giginya ditemukan para nelayan di perairan Pulau Kalotoa, Selayar ini.

"Harus riset dulu. Bisa dianalisis secara molekuler menggunakan metode DNA Barcoding. Ada pengambilan sampel DNA tulang," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, tulang ikan raksasa ditemukan di bibir pantai Pulau Kalaotoa, Dusun Kawau, Desa Garaupa, Kecamatan Pasilambena, Selayar pada Minggu 6 Februari 2022 lalu.

Camat Pasilambena, Patta Bau menuturkan tulang-tulang ikan raksasa yang ditemukan ini sudah dievakuasi di tempat yang aman. Salah satu penemuan warga termasuk ada tulang gigi lengkap dengan ukuran satu meter lebih.

Ada sekitar 11 potongan tulang yang ditemukan warga. Ditemukan secara terpisah-pisah di pinggir pantai. Kata dia, temuan ini sudah dilaporkan kepada Pemkab Selayar.

"Kita pastikan tulang ikan raksasa. Namun kita belum bisa pastikan ini tulang ikan apa," jelasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya