News Kamis, 07 Juli 2022 | 17:07

Ulos dan Gondang Batak di Pulau Bali, Pesta Bolon Simbolon Tahun 2022

Lihat Foto Ulos dan Gondang Batak di Pulau Bali, Pesta Bolon Simbolon Tahun 2022 Effendi Muara Sakti Simbolon dan istri seusai menerima Ulos Batak, Kamis, 7 Juli 2022. (Foto: Tangkapan Layar YouTube)
Editor: Tigor Munte

Bali - Marga Simbolon yang merupakan keturunan Raja Naiambaton atau Parna membuat Pulau Dewata Bali tak ubahnya Bona Pasogit di Tanah Batak.

Mereka mengenakan pakaian adat lengkap Ulos menggelar pesta besar atau pesta bolon yang lokasi kegiatannya digelar di Peninsula Nusa Dua, Bali sejak 4-10 Juli 2022.

Pesta adat ini disebut Pesta Bolon Simbolon IV Tahun 2022. Pesertanya diperkirakan mencapai 7.000 orang. 

Mereka datang dari sekitar 153 daerah di Tanah Air, termasuk dari Bona Pasogit, Pulau Samosir, Sumatra Utara.

Peserta ini semua kata Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) Effendi Muara Sakti Simbolon, ada yang naik bus, pesawat, dan kapal laut untuk tiba di lokasi acara.

Dalam kegiatan pada Kamis, 7 Juli 2022 yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube PSBI, terlihat acara adat Batak.

Baca juga:

Kenakan Pakaian Adat Batak, Bobby dan Kahiyang Ayu Jadi Pusat Perhatian

Suasana di lokasi kegiatan tak ubahnya di Bona Pasogit. Ratusan ibu dan kaum bapak mengenakan pakaian adat Batak lengkap. 

Mereka kemudian manortor mengikuti gondang Batak di lokasi acara. Dihadirkan pula empat keturunan Parna selain Simbolon, yakni Saragih Tua, Tamba Tua, Munthe Tua dan Nahampun Tua.

Pesta Bolon Simbolon di Bali Tahun 2022, diwarnai acara adat Batak. (Foto: Tangkapan Layar YouTube)

Dari pihak Simbolon, hadir Ketua Umum PSBI Effendi Muara Sakti Simbolon yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDIP. 

Effendi didampingi istri mengenakan pakaian warna senada yakni biru, tampak diulosi keluarga tulangnya (paman). Saat menerima Ulos, Effendi dan istri manortor diiringi gondang Batak.

Selesai menerima Ulos, Effendi dan rombongan Simbolon kemudian mendatangi pihak tulangnya sambil manortor dan menyerahkan olop-olop atau materi pengganti Ulos.

Sejumlah agenda dalam Pesta Bolon Simbolon di Bali, di antaranya pesta budaya, memilih ketua umum periode 2022-2027 dan ragam lomba. 

Effendi mengatakan, pesta budaya itu tidak bermotif politik. Semua peserta merupakan lintas agama. Ada yang dari agama Kristen, Islam bahkan Parmalim. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya