Daerah Sabtu, 02 Desember 2023 | 18:12

Universitas HKBP Nommensen Siantar Kerja Sama dengan Hanoi University of Industry

Lihat Foto Universitas HKBP Nommensen Siantar Kerja Sama dengan Hanoi University of Industry Rombongan Rektor UHN Pematang Siantar dan pihak Hanoi University of Industry. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Siantar - Universitas HKBP Nommensen (UHN) Pematang Siantar, Sumatra Utara, bakal melakukan kerja sama dengan Hanoi University of Industry (HaUI) Vietnam.

Kedua universitas sepakat melakukan kerja sama dalam bentuk memorandum of understanding atau MoU.

Diantaranya  program pertukaran mahasiswa dari kedua belah pihak, melakukan kolaborasi riset penelitian, kolaborasi publikasi karya ilmiah dan jurnal.

Mengirimkan dosen tamu baik ke UHN Pematang Siantar maupun ke HaUI, penjajakan bidang akademik lainnya, yaitu lulusan dengan dual degree di mana mahasiswa akan mendapat dua gelar sarjana sekaligus baik dari UHNP maupun HaUI.

Kesepakatan kerja sama dimaksud terwujud saat Rektor UHN Pematang Siantar Muktar Panjaitan bersama rombongan wakil rektor, melakukan pertemuan dengan Dekan School of Languages and Tourism HaUI, Dr Hoang Ngoc Tue pada Selasa, 28 November 2023 lalu di Hanoi, Vietnam.

 Rektor Muktar Panjaitan berharap kesepakatan dimaksud mampu mendorong tercapainya visi dan misi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, yaitu Unggul dan Berdaya Saing secara internasional menuju kampus Unggul. 

Setelah selesai penandatanganan MoU, Rektor Muktar Panjaitan memberikan ulos atau mangulosi Dr Hoang Ngoc Tue sekaligus pemberian dan pertukaran cinderamata dari kedua universitas. 

"Program ini segera ditindaklanjuti agar dosen, mahasiswa dan calon mahasiswa yang akan berkuliah di Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar dapat mengikuti program kerja sama," kata Rektor Muktar dalam rilisnya, Jumat, 1 Desember 2023. 

Sebagai wujud implementasi MoU tersebut, pihak kampus Hanoi University of Industry dijadwalkan melakukan kunjungan balasan ke Kampus Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar dalam rangka pelaksanaan seminar internasional yang akan dilaksanakan tahun 2024.

BACA JUGA: Yuk Ngampus di Universitas HKBP Nommensen Siantar, Ada Prodi Ilmu Komputer

Sebelumnya, Rektor Muktar Panjaitan dan rombongan melakukan kunjungan audiensi ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Indonesia untuk Vietnam di kota Hanoi pada Senin, 27 November 2023.  

Rektor dan rombongan disambut Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Vietnam, Denny Abdi. 

Banyak perbincangan yang terjadi menyangkut kemajuan-kemajuan di Vietnam yang dapat diadopsi di Indonesia terkhusus di sektor pendidikan.

Dubes Denny menyatakan apresiasinya terhadap Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar dalam melakukan langkah-langkah strategis untuk kemajuan pendidikan tinggi, seperti melakukan MoU terhadap universitas di luar negeri. 

Dalam kunjungan ke Hanoi, Rektor Muktar Panjaitan didampingi Wakil Rektor I Dr Andriono Manalu, Wakil Rektor II Hendra Simanjuntak,  dan Wakil Rektor IV Dr  Natalina Purba.

Ikut juga Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  Jumaria Sirait, dan Kepala Biro Office International Affairs (OIA) Dr Herman. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya