Daerah Minggu, 26 Desember 2021 | 20:12

Warga Abdya Keluhkan Aksi Ugal-Ugalan Truk Pengangkut Pasir

Lihat Foto Warga Abdya Keluhkan Aksi Ugal-Ugalan Truk Pengangkut Pasir Penampakan debu dari dalam rumah saat truk pasir melintas (Foto: Opsi/Syamsurizal).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Aktivitas Galian C di sungai Desa Babahlung, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh mulai berdampak buruk terhadap masyarakat, dan hal ini mulai dikeluhkan.

Keluhan ini karena, menyebabkan debu yang beterbrangan, aksi ugal-ugalan supir truk saat melintas juga membuat warga semakin tidak nyaman. Kondisi lain, banyak lubang mulai beunculan akibat dilintasi kendaraan berbeban berat seperti pasir dan batu gajah.

Penertiban dari pihak berwenang diharapkan warga. Kondisi ini jika terus dibiarkan maka akan semakin parah. Terlebih jalan desa yang sempit dengan penduduk yang padat. Ini dinilai sangat berbahaya dan mulai meresahkan warga.

Pemuda Desa Babahlhung, menyayangkan kondisi ini terus berlarut tanpa ada penertiban. Pasal nya setiap hari terjadi penggankutan galian C di sungai dan setiap hari juga masyarakat yang berada dekat dengan lintasan jalan utama mendapat efek dari kegiatan tersebut.

"Debu berterbangan ke setiap rumah warga di tambah lagi dengan kecepatan mobil yang begitu kencang membuat masyarakat merasa terganggu," kata Muhammad Azmi, ketua Umum Pemuda Desa Babahlhung, Minggu, 26 Desember 2021.

Dia berujar, kondisi ini sudah berlangsung semenjak dua pekan terakhir. Mobil angkut galian C yang biasanya ada jalur khusus, sekarang sudah berani melewati jalan utama.

"Ini bisa di pastikan debu akan menutupi seluruh jalan di desa. Imbas lain dapat mengganggu pernafasan," ucapnya.

Azmi berharap pihak terkait untuk segera merespon kegiatan yang menganggu kenyamanan masyarakat, agar supaya tidak terjadi hal-hal di luar dugaan.

"Tentu kita harap direspon. Kita tidak meminta diberhentikan, namun setidaknya saling menjaga kenyamanan bersama," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya