News Jum'at, 11 Maret 2022 | 10:03

Jokowi Tunjuk Bos Sinarmas Jadi Wakil Kepala Otorita IKN, Rocky: Ibu Kota Oligarki

Lihat Foto Jokowi Tunjuk Bos Sinarmas Jadi Wakil Kepala Otorita IKN, Rocky: Ibu Kota Oligarki Pengamat politik Rocky Gerung. (foto: instagram).

Jakarta - Pengamat politik Rocky Gerung menyoroti sikap Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang melantik bos Sinar Mas, Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Rocky Gerung menyebut dilantiknya bos Sinar Mas menjadi Wakil Kepala Otorita IKN mencerminkan Jokowi sebagai `petugas` oligarki.

“Itu ibu kota konglomerasi atau ibu kota oligarki. Orang ingin melihat bahwa ibu kota harus diasuh oleh birokrat, bukan tokoh politik atau tokoh korporasi. Orang enggak percaya pada apapun yang dibuat pemerintah," kata Rocky Gerung saat berbincang dengan Hersubeno Arief di kanal YouTube Rocky Gerung Official, dikutip Jumat, 11 Maret 2022.

Baca juga: PA 212: Kalau Dipaksakan Jokowi 3 Periode Bisa Terjadi Pertumpahan Darah Anak Bangsa

Rocky menegaskan, jika di situ ada satu orang tokoh korporasi, walaupun hanya wakil, itu artinya kemampuan Jokowi untuk menyembunyikan kepentingannya terbaca melalui penempatan wakil otorita yang adalah petinggi Sinar Mas.

“Kita mengerti itu sebagai upaya untuk memastikan bahwa kepentingan oligarki akhirnya harus diselamatkan oleh Jokowi," ujar mantan pengajar filsafat dari Universitas Indonesia itu

Rocky juga menuding seputar menempatkan bos Sinar Mas sebagai Wakil Kepala Otorita IKN hanya akal-akalan Jokowi untuk menyembunyikan agenda di balik proyek tersebut.

Baca jugaPA 212: Pemaksaan Jokowi 3 Periode Bisa Perang Saudara

Menurutnya, Jokowi telah dan akan selalu menggunakan berbagai cara untuk menyelamatkan kepentingan oligarki yang belum terpenuhi.

Lebih lanjut Rocky Gerung telah menduga sejak awal bahwa Jokowi hanyalah `petugas` yang tak mampu mengambil keputusan sendiri dalam memimpin Indonesia.

“Dari awal kita tahu, ini orang memang petugas yang tidak bisa mengambil keputusan sendiri,” kata Rocky Gerung. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya