Daerah Jum'at, 26 November 2021 | 11:11

Pilkades di Dairi Ricuh, Kapolda Sumut Siaga

Lihat Foto Pilkades di Dairi Ricuh, Kapolda Sumut Siaga Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak siaga di Dusun I, Desa Bertungen Julu, Kabupaten Dairi,
Editor: Eno Dimedjo Reporter: , Andi Nasution

Dairi - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Bertungen Julu, Kabupaten Dairi, yang digelar pada Kamis 25 November 2021 berlangsung ricuh karena salah satu calon tidak terima dengan hasil akhir penghitungan suara.

Menyikapi kericuhan itu, Kepala Polda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak, pada Jumat dinihari, 26 November 2021, langsung turun dan siaga di Dusun I, Desa Bertungen Julu, guna memastikan situasi kamtibmas tetap kondusif.

Selain Kapolda Sumut, juga turut di lokasi antara lain Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, Danyonif 125/SMB, Letkol Inf Budianto Hamdani Damanik, dan Kasdim 0206/Dairi, Mayor Inf Sunarto.

Mengutip Kureta, Pilkades di Desa Bertungen Julu ada dua calon kepala desa yang bertarung. Kemudian sempat terjadi insiden usai penghitungan surat suara di dua TPS yang mencakup Dusun I, II, III, dan IV.

Usai penghitungan surat suara itu, calon kepala desa nomor urut 2 keberatan dengan hasilnya. Dan saat kotak suara akan dibawa ke kantor kecamatan, ada beberapa orang yang merebut dan merusak 1 kotak suara yang menyebabkan surat suara terhambur.

Kericuhan itu dapat diatasi setelah personel Polri dan TNI mengamankan lokasi, dan dilakukan mediasi.

Bupati Dairi, Eddy Keleng Berutu mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk saat ini harus menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

"Percayakan ini kepada aparat hukum bagaimana prosesnya. Aparat hukum sudah mengumpulkan alat bukti dan proses kedepannya," kata Eddy, dikutip Opsi pada Jumat, 26 November 2021.

Sedangkan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi menegaskan, insiden perampasan dan perusakan kotak suara itu dapat diatasi setelah dilakukan mediasi dan personel TNI-Polri turut membantu mengamankan lokasi.

"Kepada pihak yang merasa keberatan atas hasil pemungutan suara dalam Pilkades 2021, silahkan menempuh jalur hukum sesuai aturan yang telah ditetapkan," ujar Hadi. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya