Hiburan Jum'at, 25 Oktober 2024 | 13:10

Produser Seno M. Hardjo dan Ari Kuncoro Garap Album 45 Tahun Fariz RM Berkarya

Lihat Foto Produser Seno M. Hardjo dan Ari Kuncoro Garap Album 45 Tahun Fariz RM Berkarya Musisi Fariz RM bersama produser Seno M. Hardjo. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Maestro musik Fariz RM merilis album baru berjudul 45 Tahun Fariz RM Berkarya. Karya ini, digarap bersama sederet musisi muda Indonesia dengan arahan produser musik kenamaan, Seno M. Hardjo.

Kelahiran album ini turut dibidani oleh Pendiri Komunitas Fantastic Fariz RM (KFFRM), Ari Kuncoro. Ide penggarapan album 45 Tahun Fariz RM Berkarya tercetus dalam pertemuan sederhana di Jakarta Street Jazz Festival 2024 di kawasan Blok M.

"Ide ini muncul ketika kami berkumpul usai menonton konser. Mas Seno, yang hadir dengan pengalaman panjangnya sebagai produser, langsung mendukung ide ini," ucap Ari Kuncoro, dikutip Opsi pada Jumat, 25 Oktober 2024.

Ari Kuncoro juga menambahkan bahwa album ini adalah bentuk penghormatan kepada perjalanan panjang Fariz RM di dunia musik.

"Ini bukan hanya untuk merayakan kariernya, tetapi juga hadiah bagi penggemarnya. Kami ingin membagikan kenangan dan inspirasi dari karya-karya abadi Fariz RM kepada seluruh pecinta musik di Indonesia," ucap Ari.

Fariz RM. (Foto: Istimewa)

Deretan musisi muda yang terlibat dalam penggarapan album ini antara lain Ardhito Pramono, HIVI, ELEMENT, Farel Prayoga, Dudy Oris, Kevin Widaya, Shakira Nelsa, Harsya Rieuwpassa, Rieka Roslan, Marcell Siahaan, Syahravi, Once Mekel dan MALIQ & D`Essentials.

Masing-masing dari mereka membawakan lagu-lagu milik Fariz RM yang telah diaransemen ulang dengan masing-masing karakter pada kolaboratornya.

Seno M. Hardjo menilai bahwa album 45 Tahun Fariz RM Berkarya menyajikan sembilan lagu ikonik Fariz RM dengan pembaruan yang manis. Tujuannya adalah untuk menghadirkan nuansa segar tanpa menghilangkan keaslian dari karya-karya legendarisnya.

"Ini adalah cerita, pengalaman, dan emosi yang melibatkan banyak orang. Karya Fariz RM tidak hanya sekadar lagu, tetapi bagian dari sejarah dan identitas budaya kita, ucap Seno M. Hardjo.

"Kami ingin melestarikan semangat musik Fariz RM agar tetap relevan bagi generasi mendatang, sambil memperkenalkan karya-karyanya kepada pendengar baru," tuturnya.

Baca juga: Yura Yunita Rayakan 3 Tahun Album Tutur Batin dan Satu Dekade Berkarya

Baca juga: Raih Nominasi AMI Awards 2024, Bless The Knights Tancap Gas Rilis Single Crying in the Desert

Saat ini, album 45 Tahun Fariz RM Berkarya milik Fariz RM sudah bisa didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya