News Sabtu, 15 Juli 2023 | 17:07

Raih Hoegeng Awards 2023, AKP Yuni Utami Sosok Polwan Pelindung Perempuan dan Anak

Lihat Foto Raih Hoegeng Awards 2023, AKP Yuni Utami Sosok Polwan Pelindung Perempuan dan Anak AKP Yuni Utami saat menerima penghargaan Hoegeng Awards 2023. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Sebanyak lima polisi menerima penghargaan Hoegeng Awards 2023

Pengumuman dan penyerahan penghargaan digelar di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat, 14 Juli 2023 malam.

Ke-5 sosok polisi teladan dipilih Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023 untuk mendapat penghargaan tersebut.

AKP Yuni Utami

Salah satunya penerima penghargaan adalah AKP Yuni Utami, seorang Perwira Polri dari Polda Jawa Tengah.

AKP Yuni Utami telah terpilih sebagai penerima Hoegeng Award 2023 dalam kategori Polisi Pelindung Perempuan dan Anak. 

Penghargaan ini diberikan atas komitmennya dalam memperjuangkan hak-hak korban kekerasan. 

AKP Yuni diakui karena tegas dan progresif dalam menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. 

Dia juga berupaya menghindari pengusiran korban dari sekolah dan mendapatkan restitusi untuk mereka. 

"Kalaupun pelaku anak mungkin ada kebijakan yang membantu supaya anak itu tidak dikeluarkan. Terutama untuk pendampingan psikososial itu sangat membantu. Karena ada teman-teman dari NGO yang mereka aktif dalam implementasi SPPT," tutur AKP Yuni.

AKP Makruf Suroto 

Malam puncak penganugerahan Hoegeng Award 2023 yang digelar di The Tribrata Darmawangsa, menjadi saksi atas penghargaan yang diberikan kepada Kasat Binmas Polres Merauke Polda Papua, AKP Makruf Suroto. 

AKP Makruf terpilih sebagai penerima Hoegeng Award 2023 dalam kategori Polisi Tapal Batas dan Pedalaman berkat dedikasinya dalam menjaga dan merawat perbatasan Indonesia dan Papua Nugini di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua. 

BACA JUGA: 5 Polisi Penerima Hoegeng Awards 2023

AKP Makruf juga berhasil mengubah daerah tersebut melalui pertanian dan membangun hubungan yang baik antara Polisi dan masyarakat. 

"Karena Sota itu daerah tanahnya subur sekali, terus saya mencoba untuk menanam saja sayur dan cabe waktu itu. Nah ternyata bagus, akhirnya setelah panen, kita bisa konsumsi kita bisa masak sayur. Terus saya kembangkan lagi, dari pertanian yang hanya tanam sawi dengan kangkung dan sebagainya, ini semakin bagus," ujar AKP Makruf Suroto saat acara Hoegeng Award 2023 di Gedung The Tribrata, Jakarta Selatan.

Brigpol Fitriani

Bhabinkamtibmas Desa Haringen Polres Barito Timur, Polda Kalteng, Brigadir Polisi Fitriani Maisyarah meraih penghargaan Hoegeng Awards 2023 kategori Polisi Berdedikasi. 

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo di Gedung The Tribrata, Jakarta Selatan.

Brigadir Polisi Fitriani diakui karena peran vitalnya dalam menangani kebakaran hutan. Tak hanya itu, Brigadir Polisi Fitriani juga terkenal karena responsif terhadap aduan masyarakat dan kepeduliannya terhadap korban bencana alam. 

"Kesan saya sebagai penerima penghargaan, saya merasa bangga sekali atas kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat binaan saya yang selama hampir 4 tahun ini saya mengabdi di desa tersebut. Dengan penghargaan ini tidak hanya dari detik dan Polisi juga, ternyata masyarakat mengapresiasi kehadiran saya di tengah-tengah mereka," tutur Brigadir Polisi Fitriani Maisyarah. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya