News Kamis, 05 Mei 2022 | 22:05

Ulang Tahun ke 53, Kapolri Listyo Sigit Pernah Masuk Daftar Tokoh Paling Berpengaruh

Lihat Foto Ulang Tahun ke 53, Kapolri Listyo Sigit Pernah Masuk Daftar Tokoh Paling Berpengaruh Kapolri Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo.(Foto:Opsi/Twitter @ListyoSigitP)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merayakan ulang tahun yang ke-53 pada Kamis, 5 Mei 2022. Pemimpin korps Bayangkara kelahiran Ambon, Maluku 5 Mei 1969, merupakan salah satu sosok berpengaruh pada 2021 lalu.

Listyo Sigit resmi dilantik jadi Kapolri pada awal 2021 silam. Jenderal lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1991 ini, didaulat menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Sebelum pengangkatan, Listyo Sigit merupakan calon tunggal yang disodorkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke DPR untuk menjadi Kapolri.

Dalam perjalanan kariernya, Listyo Sigit tercatat banyak menghabiskan masa pengabdiannya dengan bertugas di wilayah hukum Polda Jawa Tengah.

Pada tahun 2009, dia pernah menjabat sebagai Kapolres Pati dan kemudian menjadi Kapolres Sukoharjo. Listyo juga tercatat sebagai Wakapoltabes Semarang pada 2010 lalu. Pada tahun 2011, sang Jenderal mendapat promosi dan bertugas sebagai Kapolres Surakarta atau Solo.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.(Foto:Istimewa)

Sewaktu bertugas menjadi Kapolres Solo, Listyo bekerja di wilayah administrasi pimpinan Joko Widodo yang kala itu menjabat sebagai Walikota Surakarta.

Selama bertugas di Solo, Listyo tercatat pernah menangani satu kasus menonjol yakni bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) di Kepunton, Solo. Peristiwa tersebut, menewaskan pelaku dan melukai 9 orang yang berada di sekitar gereja.

Usai peristiwa tersebut, karir Listyo Sigit terpantau kian melesat. Dia ditarik ke Bareskrim dan kemudian menjabat Direskrimum dan bertugas di Polda Sulawesi Tenggara.

Pada tahun 2014, Jokowi dan Listyo kembali mesra. Setelah memenangkan pemilu 2014, Presiden Joko Widodo menunjuk Listyo sebagai ajudannya.

Listyo kemudian didaulat untuk menduduki jabatan Kabareskrim, setelah sempat menjadi Kapolda Banten dan selanjutnya menjabat Kadiv Propam Mabes Polri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (foto: ist).

Nama Listyo Sigit Prabowo masuk dalam daftar tokoh "terpegah" alias terpopuler dan berpengaruh sepanjang tahun 2021 versi Lembaga Indonesia Indicator (I2), bersama sederet tokoh nasional mulai dari Presiden Jokowi hingga Gubernur DKI Anies Baswedan.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang mengatakan, Presiden Jokowi berhasil menjadi orang nomor satu dalam daftar tokoh paling populer dan berpengaruh di media sosial dan daring Indonesia sepanjang tahun 2021 versi Indonesia Indicator (I2).

Menurutnya, hasil ini, berasal dari data riset pada periode 1 Januari 2021 - 19 Desember 2021.

"Tercatat ada 970.720 pernyataan Presiden Jokowi yang dikutip media. Sementara nama Presiden Jokowi disebutkan dalam 804.469 berita," ujar Rustika, dikutip Opsi pada Sabtu, 1 Januari 2022 silam.

Sementara figur kedua yang paling berpengaruh dan terpegah sepanjang 2021, kata Rustika, adalah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Ia mengatakan ada 443.666 pernyataan Kapolri yang dikutip media, sementara namanya disebutkan dalam 169.994 berita.

"Penanganan Covid-19 yang cukup masif hingga di seluruh wilayah Indonesia," tutur dia.

Baca juga: Daftar Tokoh Paling Populer dan Berpengaruh 2021, Ada Anies Baswedan Hingga Listyo Sigit

Baca juga: Kapolri Listyo Sigit Komitmen Perbaiki Pelayanan Publik di Tubuh Polri

"Gerakan vaksinasi massal di polres-polres, penertiban protokol kesehatan, PPKM, serta pengamanan Lebaran dan Natal-tahun baru menjadi beberapa isu yang banyak dikaitkan dengan sosok Kapolri," ujar Rustika kala itu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya