Daerah Jum'at, 18 Februari 2022 | 20:02

Wakil Ketua DPRK Abdya Minta Baitul Mal Bantu Warga Penderita Lumpuh

Lihat Foto Wakil Ketua DPRK Abdya Minta Baitul Mal Bantu Warga Penderita Lumpuh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya), Hendra Fadli. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya), Hendra Fadli berkunjung untuk melihat warga yang lumpuh akibat kecelakaan di Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee Abdya, Jumat 19 Februari 2022.

Pria bernama Muhammad Adami Irfandri, 39 tahun, itu diketahui menderita lumpuh akibat kecelakaan yang dialaminya. Kodisinya kini sangat memprihatinkan apalagi, dia harus menghidupi keluarganya.

Untuk itu, Hendra Fadli meminta Baitul Mal segera turun untuk melihat kondisinya, sebab yang bersangkutan sangat membutuhkan uluran tangan, terlebih yang bersangkutan tidak memiliki rumah.

"Kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Ini tentu tidak bisa dibiarkan, apalagi sang istri tidak memiliki kerja tetap. Maka besar harapan pemerintah hadir dan mengupayakan modal usaha guna mendongkrak ekonomi keluarga dan biaya pendidikan anak-anak mereka. Beban lain, Adami juga butuh biaya pengobatan," kata Hendra.

Berkaca dari masalah ini, Hendra menyarankan setiap Desa membentuk lembaga Baitul Mal, sehingga setiap masalah masyarakat bisa cepat teratasi. Apalagi, sudah tertera dalam Qanun Aceh Nomor 10 tahun 2018 Tentang Baitul Mal.

"Dalam Pasal 1 huruf 14 jelas Baitul Mal Desa atau nama lain yang selanjutnya disebut BMG adalah lembaga yang bertugas mengelola zakat, harta wakaf dan harta keagamaan lainnya sesuai dengan prinsip-prinsip syariat, maka dengan adanya lembaga ini, masyarakat fakir miskin sudah ada dana pasti yang dihimpun dari masyarakat sekitar," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya