Hiburan Senin, 25 April 2022 | 00:04

Album Fisik Distopia Milik Dirty Ass Meluncur di Record Store Day 2022

Lihat Foto Album Fisik Distopia Milik Dirty Ass Meluncur di Record Store Day 2022 Artwork album Distopia milik Dirty Ass. (Foto: Opsi/demajors)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Trio garage punk asal Tangerang, Dirty Ass merilis album ketiganya yang bertajuk Distopia dalam format cakram padat lewat kerja sama dengan label rekaman asal Jakarta, demajors.

CD album ini diluncurkan di acara Record Store Day yang dilaksanakan serentak di Jakarta,  Bogor, dan Bali pada 23-24 April 2022 kemarin.

Perilisan CD Distopia melanjutkan kiprah salah satu singel pengisi album, yakni Sembah, yang terpilih sebagai salah satu trek utama dalam ajang Jameson Connects Indonesia 2022.

Video musik lagu Sembah yang dikerjakan oleh sutradara Anggun Priambodo, turut menampilkan cameo dari rekan-rekan sejawat Dirty Ass di kancah musik independen Tangerang, seperti dari grup HONG!, Tabraklari, The Cat Police, Toast, dan The Regards.

Album Distopia sebelumnya telah dirilis dalam format kaset dan digital melalui label rekaman asal kota Seattle, Amerika Serikat, Youth Riot Records, dan secara lokal oleh Necros Records.

Unit garage punk rock asal tangerang, Dirty Ass. (Foto: Opsi/demajors)

Gerry, sang vokalis dan gitaris, bercerita mengenai kisah di balik terjadinya album, yang dimulai dari peristiwa mewabahnya virus Corona di Indonesia pada tahun 2020 lalu.

"Tahun 2020 sungguh mengubah banyak perspektif personal kami. Beberapa persoalan hidup, pandemi, mengubah kebiasaan dan rutinitas, dipaksa harus berhenti," ujar Gerry, dikutip Opsi pada Senin, 25 April 2022.

"Tajuk Distopia sendiri dipilih karena terasa pas mewakili apa yang kami alami selama kurun waktu 2020 sampai sekarang," kata dia lagi.

Artwork album dibuat oleh seorang seniman yang juga berasal dari Tangerang, Rijan Maulana. 

Gaya komik Amerika yang ia pakai berhasil menangkap intisari dari Distopia, pas menjadi wajah dari album.

Baru-baru ini album Distopia terpilih menjadi nominator untuk kategori album hardcore/punk terbaik serta sampul album terbaik di Extreme Moshpit Awards 2021, ajang anugerah musik cadas Indonesia.

Baca juga: Unit Garage Punk Asal Tangerang Dirty Ass Luncurkan Single Tantrum

Baca juga: Jadi Jawara Jameson Connects Sesi 2, Dirty Ass Garap Video Klip Bareng Anggun Priambodo

CD album Distopia dalam format cakram padat sudah bisa didapatkan di acara Record Store Day 2022 dan juga melalui www.demajors.com serta seluruh jaringan edar demajors. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya