News Selasa, 07 Desember 2021 | 21:12

Indonesia dan Thailand Dihukum WADA Tak Bisa Nyanyikan Lagu Kebangsaan di Piala AFF

Lihat Foto Indonesia dan Thailand Dihukum WADA Tak Bisa Nyanyikan Lagu Kebangsaan di Piala AFF Tim Nasional Indonesia di Piala AFF 2021. (Foto: Dok. PSSI)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Bendera tim Nasional Indonesia dan Thailand tidak bisa dikibarkan saat pergelaran Piala AFF 2020 (Piala AFF 2021).

Thailand mulai menjalani sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA) saat tim nasional Thailand melawan Timor Leste di laga perdana Piala AFF, Minggu 5 Desember 2021.

Saat pemain Gajah Putih menyanyikan lagu kebangsaan negaranya, di layar hanya muncul logo Federasi Sepak Bola Thailand. Hal ini sebagai buntut dari hukuman Badan Anti Doping Dunia (WADA).

Timnas Indonesia yang juga mendapat sanksi WADA, akan merasakan hal yang sama. Bendera Merah Putih tidak bisa dikibarkan saat Timnas melawan Kamboja di laga perdana Piala AFF Grup B Piala AFF 2020 (2021), Kamis 9 desember 2021 mendatang.

Seperti diketahui, Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) mendapat sanksi dari WADA karena tak bisa memenuhi program anti-doping pada 17 September 2021.

Sanksi ini dijatuhkan setelah LADI beberapa kali diingatkan untuk memenuhi program anti-doping tetapi diabaikan.

Akibatnya WADA menghukum Indonesia dengan tidak bisa mengibarkan bendera nasional di event internasional.

Hal ini sudah berdampak bagi Indonesia di Piala Thomas 2020 (2021). Saat itu tim putra bulutangkis Indonesia meraih gelar juara, tetapi bendera Indonesia digantikan bendera PBSI saat prosesi pengalungan medali emas dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Sanksi itu juga berlaku untuk Timnas Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2021 yang berlangsung pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 di Singapura.

Dalam ajang ini, Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya