Hiburan Kamis, 29 Agustus 2024 | 14:08

Koil Lepas Single Hanya Untuk Menang Sebagai Anthem PERSIB Bandung

Lihat Foto Koil Lepas Single Hanya Untuk Menang Sebagai Anthem PERSIB Bandung Unit industrial, Koil. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Unit industrial, Koil merilis single baru bertajuk Hanya Untuk Menang sebagai tembang penghargaan kepada klub sepak bola kebanggaan mereka, PERSIB Bandung. Anthem ini, dijahit dengan balutan riff eksotis khas grup musik asal Kota Kembang tersebut.

Lewat keterangan tertulisnya, Koil yang saat ini digawangi oleh Otong (vokal), Donnyantoro (gitar), Vladvamp (bass, synthesizer), dan Leon Legoh (drum) ini menjelaskan bahwa trek ini terdengar otentik dan jejak-jejaknya tidak terdeteksi dari katalog-katalog musik Koil yang pernah ada sebelumnya.

Donny bilang, karakteristik aransemen yang tersuguh terdengar lebih benderang, lantang nan menghantam, melodius, dan beraurakan atmosfer pemicu semangat yang super anthemic, lengkap dengan energi bergemuruh dan rancaknya nyala vokal saling bertautan yang membuat bergidik.

"Sejak dulu saya pengin sekali bikin lagu yang mudah dinyanyikan oleh banyak orang, meskipun saya pernah melakukannya untuk lagu `Aku Rindu` dari album `Blacklight`," ucap Donny, dikutip Opsi pada Kamis, 29 Agustus 2024.

"Namun kali ini pengin dengan kadar dan level yang sedikit berbeda, lebih tepatnya seperti chant fans bola ketika mereka tengah menyaksikan langsung tim kesayangannya berlaga di dalam stadion," tuturnya.

Unit industrial, Koil. (Foto: Istimewa)

Perilisan single Hanya Untuk Menang merupakan bagian dari program KolaboraSIB (PERSIB X Koil) yang dalam hal ini tidak hanya sekadar merilis lagu saja, melainkan turut mencetak berbagai variasi merchandise istimewa, meliputi Jersey, t-shirt, dan produk lainnya.

Ikwal kolaborasi PERSIB dan Koil sendiri bermula dari mufakat keduanya membuat merchandise berupa kaos Untuk Kemenangan Kami.

Animo yang tinggi dari penggemar PERSIB dan Koil pada saat itu membuat merchandise habis dalam tempo yang sangat cepat.

Respon terbesarnya adalah dari fans yang tidak beruntung kebagian kaos tersebut. Berangkat dari situ maka bergulir wacana untuk membuat sesuatu yang lebih dari sekadar kaos.

Bagi jurnal Koil, single Hanya Untuk Menang adalah lagu bertema sepak bola kedua. Circa 2002, mereka juga pernah merilis lagu tentang sepak bola yang juga dipersembahkan untuk PERSIB.

Berjudul Untuk Kemenangan Kami, lagu tersebut termuat dalam album kompilasi besutan fans militan "Maung Bandung" yang terorganisir, Viking Persib Club, dengan tajuk VIKING KOMPILASI PERSIB 2002 yang dikenalkan ke publik melalui format analog kaset pita.

Baca juga: Bintang Indrianto Lepas Single No Matter What Bareng Demajors

Baca juga: Dafi Purnama dan Rafa Purnama Kompak Rilis Single, Ferdy Element Jadi Produser

Saat ini, single Hanya Untuk Menang milik Koil sudah bisa didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya