Pilihan Selasa, 25 Januari 2022 | 12:01

Mengenal Yayasan Anugerah Musik Indonesia, kini Dipimpin Candra Darusman

Lihat Foto Mengenal Yayasan Anugerah Musik Indonesia, kini Dipimpin Candra Darusman Logo AMI. (Foto: dok. YAMI)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) resmi memiliki ketua umum baru usai Dwiki Dharmawan menyelesaikan masa tugas yang diembannya sejak 2016 lalu. Nama musisi senior Candra Darusman, didaulat sebagai pemimpin yang baru.

YAMI sendiri merupakan organisasi independen yang memberikan penghargaan tertinggi kepada insan musik kreatif Indonesia yang berprestasi melalui ajang AMI Awards yang digelar setiap tahunnya.

Yayasan Anugerah Musik Indonesia bertujuan untuk mengakui prestasi yang luar biasa dari karya musik musisi terbaik Indonesia dalam rangka meningkatkan kreativitas, kapasitas dan kualitas para pelaku insan musik Indonesia.

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1996 hingga sekarang, YAMI telah memberikan kontribusi nyata dalam memajukan industri musik Indonesia.

Selama 24 tahun penyelenggaraan AMI Awards, sudah terjadi 4 (empat) kali pergantian jabatan Ketua Umum.

Pada tahun 1996 – 1999 Ketua Umum yang menjabat adalah Erwin Harahap yang kemudian digantikan oleh Dimas Wahab (1999-2003), berlanjut ke kepemimpinan Titiek Puspa di Periode tahun 2003-2006, yang kemudian diserahterimakan ke Tantowi Yahya yang menjabat selama 2 periode di 2006-2016.

Setelah itu Ketua Umum dijabat oleh Dwiki Dharmawan sejak 2016 hingga 2022 sekarang.

Serah terima jabatan Ketua Umum YAMI. (Foto: dok. YAMI)

Di sepanjang penyelenggaraan AMI banyak terjadi pencapaian dan perubahan demi kemajuan AMI kedepannya.

Di masa kepemimpinan Dwiki Dharmawan sebagai Ketua Umum, terjadi perubahan dalam Industri musik, mulai dari perubahan strategi market yang biasanya bentuk rilisan fisik mulai beralih ke digital.

Masuk ke ranah digital menambah semakin pesatnya industri musik independen, yang berdampak bertambahnya jumlah entry yang masuk.

Pada penyelenggaraan AMI 2016, YAMI hanya menerima 600 entries dan terus berkembang hingga ke AMI 2021 tahun lalu, jumlah entry sudah mencapai 4.645 entries yang artinya selama 6 tahun tahun terakhir ada kenaikan entry yang masuk sebesar 674 persen.

Dari sisi proses pendaftaran entry hingga voting pun mengalami tranformasi, dari mulai proses manual sudah beralih ke 100 persen online sejak AMI 2019, bahkan di masa pandemi Sidang Kategorisasi pun dilakukan secara hybrid dan online juga.

Untuk internal AMI juga berhasil menata perpajakan dan memperoleh hak paten atas brand dan logo AMI Awards.

Untuk periode selanjutnya, jabatan Ketua Umum Yayasan Anugerah Musik Indonesia akan dilanjutkan oleh Candra Darusman yang merupakan salah satu Pendiri Yayasan AMI, juga seorang musisi yang tergabung dalam kelompok jazz Chaseiro dan Karimata.

Candra Darusman dan Dwiki Darmawan. (Foto: dok. YAMI)

Dalam upacara serah terima jabatan, Candra Darusman mengakui kinerja positif selama enam tahun ke belakang di bawah pimpinan Dwiki Dharmawan. Ia juga mengaku siap melanjutkan kepemimpinan YAMI di masa mendatang.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Dwiki Dharmawan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini memberikan dukungan sehingga bisa mengakhiri masa jabatan sebagai Ketua YAMI dengan baik.

Baca juga: Gantikan Dwiki Dharmawan, Candra Darusman Resmi Jadi Ketua Umum Yayasan AMI

Baca juga: Raih Daesang di Golden Disc Awards ke-36, IU Ungkapkan Kebahagiaan

Ia juga berharap, gelaran AMI Awards sebagai ajang penghargaan tertinggi bagi insan musik dapat konsisten dilaksanakan di masa yang akan datang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya