Daerah Senin, 27 Desember 2021 | 20:12

Pemprov Sumut Cairkan Rp 11 M untuk Bonus Atlet PON XX Papua

Lihat Foto Pemprov Sumut Cairkan Rp 11 M untuk Bonus Atlet PON XX Papua Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, disaksikan Wakil Gubernur Musa Rajekshah dan Ketua KONI John Ismadi Lubis, sesaat akan menyerahkan bonus kepada atlet berprestasi di PON XX Papua. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Sebanyak 148 atlet PON XX Papua asal Sumatera Utara (Sumut), menerima bonus dari pemerintah provinsi dengan nilai total Rp 11,1 miliar.

Bonus tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin, 27 Desember 2021, disaksikan Wakil Gubernur Musa Rajekshah dan Ketua KONI, John Ismadi Lubis.

Mereka yang menerima bonus adalah atlet dan pelatih dari 29 cabang olahraga (cabor) peraih medali di PON Papua.

Sumut sendiri meraih 10 medali emas, 22 perak dan 23 perunggu, pada even nasional yang berlangsung Oktober lalu.

Masing-masing atlet peraih medali emas mendapat Rp 250 juta, perak Rp 125 juta dan perunggu Rp 75 juta. Sedangkan pelatih yang atletnya meraih medali mendapat bonus Rp 100 juta untuk emas, Rp 75 juta perak dan Rp 50 juta perunggu.

"Total Rp 11,1 miliar. Ini uang menggunakan uang rakyat. 15 juta rakyat Sumut memberikan bonus ini melalui APBD kepada atlet yang berprestasi mengharumkan daerahnya. Jadi kita harus pertanggungjawabkan ini," kata Edy.

Mantan Pangkostrad ini juga menegaskan tugas lebih berat yang sudah menanti, yakni menjadi tuan rumah bersama Aceh untuk PON 2024.

"Tahun 2024 kita jadi tuan rumah, Sumut harus jaya di sana dengan atlet-atletnya sendiri. Kita harus evaluasi, tahun 2021 kita pacu telescouting, pembinaan dan infrastruktur, tahun 2023 atlet-atlet kita sudah siap untuk berjuang, kita tidak boleh main-main ini," tegas mantan Ketua Umum PSSI ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya