Daerah Rabu, 13 Juli 2022 | 21:07

Pertama di Sumut, Toilet Premium di Taman Wisata Iman Sitinjo Dairi

Lihat Foto Pertama di Sumut, Toilet Premium di Taman Wisata Iman Sitinjo Dairi Toilet Premium di Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. (Foto: Pemkab Dairi)
Editor: Tigor Munte

SitinjoTaman Wisata Iman (TWI) Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara, kini memiliki toilet premium.

Toilet premium ini dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatra Utara.

Dibangun di sana karena memang Kabupaten Dairi masuk Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Di lokasi toilet premium ada fasilitas ATM serta galeri untuk tempat souvenir bagi para pengunjung yang ingin membeli cinderamata. 

Masyarakat Sitinjo yang mendapatkan fasilitas ini diharapkan menjaga, memelihara, dan memanfaatkan dengan baik.

Hal itu disampaikan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat hadir dalam serah terima toilet premium ini dari Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Syafriel Tansier.

Bupati Eddy menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah membangun toilet premium di salah satu objek wisata di Dairi.

Baca juga:

Gerakan Menanam 2 Juta Batang Kopi Dairi di Lahan 1.250 Hektare

“Kita berharap para turis dari dalam negeri maupun luar negeri bisa mendapatkan pelayanan yang premium juga. Dan tadi sudah kami melihat keadaan toiletnya, memang premium, suasana yang membuat nyaman serta bersih. Ini luar biasa, kita akan kelola dengan sebaik-baiknya,” kata Bupati Eddy.

Dia menyebut, jika toilet digunakan dengan baik, maka akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Dairi.

Ekonomi pun akan bangkit, masyarakat juga akan sejahtera sesuai dengan misi Dairi Unggul mensejahterakan masyarakat.

Syafriel Tansier mengatakan toilet ini adalah toilet premium pertama yang dibangun di Sumatra Utara.

Ini kata dia, sesuai dengan arahan Kementerian yang harus membangun toilet premium di kawasan wisata, salah satunya di Taman Wisata Iman Sitinjo.

“Ini dibangun memang untuk kebutuhan walaupun sudah ada toilet di sini, namun toilet dimaksud belum mampu mendukung untuk kawasan wisata di lokasi ini,” ucapnya.

Melalui dukungan dari Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dengan penyediaan lahan serta lokasi wisata yang sangat strategis, dia berharap toilet premium segera dimanfaatkan dan ditetapkan pengelolanya.

“Toilet ini semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi wisata. Hadirnya toilet premium diharapkan juga bisa memberikan nilai jual ataupun nilai ekonomi yang lebih baik di kawasan wisata ini. Selain itu toilet ini ramah difabel,” kata Syafriel. 

Turut hadir dalam kegiatan serah terima tersebut Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe beserta jajarannya serta perwakilan dari OPD Kabupaten Dairi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya