Hukum Kamis, 21 Juli 2022 | 22:07

Polisi Beberkan Sejumlah Langkah Sebelum Tangkap Paksa Nikita Mirzani

Lihat Foto Polisi Beberkan Sejumlah Langkah Sebelum Tangkap Paksa Nikita Mirzani Nikita Mirzani. (Foto: Instagram/nikitamirzanimawardi_172)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Aparat kepolisian membeberkan sejumlah langkah persuasif yang telah dilakukan sebelum melakukan penangkapan paksa terhadap selebriti Nikita Mirzani, atas kasus dugaan pencemaran nama baik melalui perangkat elektronik (UU ITE) yang menjeratnya.

Kepada wartawan, Kepala Reserse dan Kriminal Polresta Serang, Ajun Komisaris David Kusuma mengatakan penangkapan terhadap Nikita Mirzani dilakukan pada pukul 14.50 WIB di Lobi Utama Mall Senayan City, Jakarta Selatan.

"Penangkapan terhadap NM itu dilakukan secara persuasif terlebih dahulu dan menunjukkan identitas penyidik dan surat perintah penangkapan," kata David Kusuma, dikutip Opsi pada Kamis, 21 Juli 2022.

Penangkapan paksa terhadap Nikita Mirzani, kata David, dilakukan lantaran sang artis telah berstatus tersangka dan mangkir dari dua panggilan dari penyidik kepolisian. Penangkapan juga dilakukan dengan melibatkan tiga perempuan polisi.

David juga menegaskan bahwa penangkapan Nikita di lobi utama Mall Senayan City, Jakarta Selatan, tidak mendapat perlawanan apapun. Alhasil, semuanya bisa berjalan lancar.

"Kami kini tengah memeriksa tersangka NM yang sebelumnya tidak menghadiri jadwal pemeriksaan itu," kata dia.

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram/nikitamirzanimawardi_172)

Sementara Kepala Bidang Humas Polda Banten, Komisaris Besar Polisi Shinto Silitonga mengatakan bahwa penangkapan Nikita Mirzani dilakukan setelah penyidik melayangkan surat panggilan pada Senin, 20 Juni 2022.

Surat panggilan itu, kata Shinto, kemudian direspons dengan permohonan penjadwalan ulang pemeriksaan pada Rabu, 7 Juli 2022, namun Nikita Mirzani justru mangkir dari jadwal tersebut.

"Pertimbangan penangkapan terhadap tersangka NM tentu saja pada sikap NM yang cenderung tidak kooperatif selama penyidikan," kata Shinto.

Baca juga: Nikita Mirzani Ditangkap di Depan Mall, Polisi Beberkan Alasan

Baca juga: Nikita Mirzani Ditangkap Paksa, Polisi: Dilakukan Profesional dan Humanis

"Meski penyidik sudah beberapa kali menyampaikan himbauan agar tersangka kooperatif selama proses penyidikan berlangsung," tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya