Hukum Jum'at, 16 September 2022 | 17:09

Polisi: Kasus Pembunuhan Iwan Budi Mengerucut ke Pelaku

Lihat Foto Polisi: Kasus Pembunuhan Iwan Budi Mengerucut ke Pelaku ASN Kota Semarang Iwan Budi Paulus yang dinyatakan hilang sejak Agustus 2022. (foto: istimewa).

Jakarta - Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar mengatakan penanganan kasus pembunuhan dan pembakaran Iwan Budi Paulus yang jasadnya ditemukan sudah terbakar tanpa kepala di Marina, Semarang, telah mengerucut pada pelaku tindak pidana penghilangan nyawa itu.

"Sudah mengerucut ke pelaku, oleh karena itu kami minta pelaku untuk menyerahkan diri," kata Irwan di Semarang, Jateng, Jumat, 16 September 2022.

Polisi menyelidiki kemungkinan penyebab tewasnya Iwan Budi bukan dilatarbelakangi oleh kasus dugaan tindak pidana korupsi yang sedang ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah.

Baca jugaSetelah Lintasi Akpol Semarang, Jejak Iwan Budi Paulus Tak Terlacak Lagi

"Kemungkinan ada persoalan lain selain masalah korupsi," ucapnya menduga-duga.

Hal tersebut, menurut dia, didasarkan atas pemeriksaan keterangan dari para saksi dan alat bukti yang sudah dikumpulkan.

Ia menjelaskan, sejauh ini ada 24 saksi yang sudah diperiksa dan dikelompokkan berdasarkan kemungkinan penyebab terjadinya pembunuhan.

Meski demikian, Kapolrestabes Irwan belum bersedia menjelaskan secara detail kemungkinan motif yang melatarbelakangi pembunuhan Iwan Budi yang jasadnya ditemukan hangus terbakar di kawasan Marina, Kota Semarang.

Baca jugaPolisi: 100 Persen Jasad Terbakar Tanpa Kepala Identik Iwan Budi Paulus

Sebelumnya, sesosok jasad ditemukan terbakar bersama sebuah sepeda motor di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada 8 September 2022

Bersama dengan jasad dan sepeda motor yang merupakan kendaraan dinas milik Iwan Budi tersebut ditemukan pula komputer jinjing, papan nama identitas, serta telepon seluler yang diduga milik Iwan Budi Paulus.

Iwan Budi dilaporkan menghilang sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng terkait dugaan korupsi sertifikasi aset.

Polisi telah memastikan jasad yang terbakar itu merupakan Iwan Budi Paulus berdasarkan hasil tes DNA. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya