Daerah Selasa, 08 Februari 2022 | 15:02

Satu Rumah Adat Tongkonan di Mamasa Hangus Terbakar

Lihat Foto Satu Rumah Adat Tongkonan di Mamasa Hangus Terbakar Rumah adat tongkonan hangus terbakar di Mamasa Sulawesi Barat. (Foto: Opsi/Netizen)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamasa - Tongkonan keluarga Nenek Ulu Busa di Dusun Pao, Desa Mambulilling, Kecamatan Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), hangus terbakar.

Peristiwa tersebut diunggah pemilik akun Facebook Andarias Nando. Dalam unggahannya, Andarias Nando mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi saat pemilik Tongkonan tidak berada di rumahnya.

"Saat itu, pemilik rumah (Tongkonan) sedang melayat ke luar desa," tulis Andarias Nando dalam unggahannya, Selasa, 8 Februari 2022.

Ia juga mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 01.00 Wita tadi subuh.

"Sampai saat ini, belum diketahui jelas apa penyebab kebakaran," tulisnya.

Namun, kata Andarias Nando, api diperkirakan bersumber dari api dapur. Ia menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun semua harta benda atau surat-surat lainya hangus terbakar.

Pemilik rumah (Tongkonan), tante Indoa Torambung dan anaknya, Simon, sampai di rumahnya saat pagi hari dan mendapati rumah miliknya rata dengan tanah.

"Mereka tidak bisa menyelamatkan semua barang-barang yang ada dalam rumah," tulisnya.

Tongkonan adalah rumah adat orang Toraja yang merupakan tempat tinggal, kekuasaan adat dan perkembangan kehidupan sosial budaya orang Toraja.

Arsitektur tongkonan dikenal dengan bentuknya yang khas melalui struktur bawah, tengah dan atas yang memiliki keindahan estetika struktur dan konstruksinya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya