Daerah Senin, 17 Januari 2022 | 13:01

Siaga Omicron Rumah Sakit Gunung Jati Cirebon Siagakan Ratusan Nakes

Lihat Foto Siaga Omicron Rumah Sakit Gunung Jati Cirebon Siagakan Ratusan Nakes Petugas sedang mengecek ruang isolasi teratai di Rumah Sakit Gunung Jati Cirebon. (Foto: Opsi/istimewa)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon - Siaga Covid-19 varian Omicron, Rumah Sakit Gunung Jati (RSGJ) di Kota Cirebon Jawa Barat telah menyiagakan ratusan tenaga kesehatan.

Direktur RSGJ dr Katibi mengatakan sebanyak 200 tenaga kesehatan terdiri dari 74 dokter spesialis, 20 dokter umum dan sisanya perawat disiagakan untuk menangani pasien Omicron.

"Mereka (para nakes) telah menjalani vaksin booster," kata Katibi di Kota Cirebon, Senin 17 Januari 2022.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya telah menyiapkan ratusan tempat tidur (TT) di ruang isolasi. Tempat ini, pernah pakai saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 tahun 2021 lalu.

“Kami sudah siagakan ruang isolasi yang sama,” tambahnya.

Ratusan TT di ruang isolasi terdiri dari 7 TT di ruang flu burung, 32 TT di ruang teratai satu, 30 TT di ruang teratai dua, 96 TT di ruang Prabu Siliwangi, 32 TT di ruang Kiasantang  dan 16 TT di bekas IGD.

“Kalau ruang flu burung terisi 30 persen maka akan kami siapkan di ruang teratai dan seterusnya,” paparnya.

Ruang isolasi, kata Katibi, akan digunakan bagi penderita suspek Covid-19 sedang dan berat. Setiap ruang isolasi dilengkapi ventilator dan sarana pendukung lainnya.

“Kami sudah siapkan semua fasilitas di ruang isolasi mandiri,” ungkap dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya