Daerah Selasa, 19 Juli 2022 | 15:07

Buka Pelatihan Kader Ulama, Ini Harapan Wabup Abdya

Lihat Foto Buka Pelatihan Kader Ulama, Ini Harapan Wabup Abdya Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, Muslizar. (Foto:Istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, Muslizar membuka kegiatan Pelatihan Kader Ulama (PKU). Kegiatan ini berlangsung di aula Kantor Bappeda, Selasa, 19 Juli 2022.

Pantauan Opsi, kegiatan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Abdya ini diikuti oleh para ulama, teungku dan para abu dalam Kabupaten Abdya.

Dalam sambutannya, Wabup Abdya mengatakan melalui kegiatan ini nantinya para peserta diharap mampu mempublikasikan dan mengakomodasikan hasil-hasil pemikiran, penelitian kajian dan inovasi.

"Serta perlu bekerja sama dengan berbagai kalangan dalam menghadapi dan menyikapi setiap tantangan yang dihadapi oleh umat Islam baik sosial masyarakat, maupun antar umat beragama," kata Wabup Muslizar.

Dia juga berharap imbas dari kegiatan ini dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang di dasari oleh latar belakang pendidikan agama yang kuat.

"Sehingga jumlah ulama di Abdya semakin bertambah dan berkembang," ujarnya.

Wabup menyadari bahwa, untuk melahirkan para ulama bukanlah perkara mudah dan forum ini tidaklah semata-mata ditujukan untuk menjadikan ulama dalam waktu yang singkat.

"Sebab untuk mencetak dan melahirkan kader-kader ulama membutuhkan waktu yang lama. Bahkan hingga bertahun-tahun dengan cara menuntut ilmu dan membaca kitab-kitab keagamaan yang dilakukan dengan sabar, teliti dan penuh ketabahan," tuturnya.

Namun demikian, lanjutnya, tujuan utama dari pelaksanaan Pelatihan Kader Ulama ini ditujukan untuk meningkatkan wawasan dan kualitas dari para peserta.

"Oleh karena itu, diharapkan setelah selesainya pelatihan ini nantinya akan meningkatkan motivasi dan semangat untuk terus belajar dan berdakwah demi tegaknya Amar Ma`ruf Nahi Munkar di Abdya yang kita cintai ini," ucapnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya