News Selasa, 21 Maret 2023 | 13:03

Sejak 2014 Hingga 2022, Tumpah Duit Rp 1.036 Triliun Membangun Papua

Lihat Foto Sejak 2014 Hingga 2022, Tumpah Duit Rp 1.036 Triliun Membangun Papua Jembatan Youtefa 1,3 kilometer di Jayapura, Papua. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Papua - Presiden Jokowi mengungkap sejak 2014 sampai 2022, anggaran sebesar Rp 1.036 triliun sudah dikucurkan untuk membangun Papua.

Hal itu disampaikannya saat meresmikan Papua Youth Creative Hub, di Kota Jayapura, Selasa 21 Maret 2023.

"Sejak tahun 2014 hingga tahun 2022 alokasi anggaran yang keluar dari pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota untuk pembangunan Papua mencapai Rp 1.036 triliun," katanya. 

Itu sebabnya Jokowi meminta kepada masyarakat di Tanah Papua, agar mengawasi, mengawal dan mengamati terus pembangunan di daerah tersebut.

"Tolong ini diawasi, dikawal, diamati terus, jangan sampai belok ke mana-mana nanti tidak akan jadi barang, hati-hati mengenai ini," tukasnya.

BACA JUGA: Hisman Migas Beberkan Sulitnya Konversi dari Kompor Minyak Tanah ke Gas Elpiji di Papua

Jokowi mengingatkan soal korupsi yang menjadi momok semua provinsi dalam rangka pembangunan di daerah-daerah.

"Sekali lagi, saya minta diawasi, dikawal terus, dilihat betul, karena duitnya gede sekali yang ada di Tanah Papua,” katanya.

Bukan Jawa sentris

Sebelumnya Jokowi menegaskan bahwa pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah saat ini bersifat Indonesia-sentris. Papua menjadi salah satu prioritas pembangunan.

“Sekali lagi, ingin saya sampaikan bahwa pembangunan Indonesia sekarang bukan Jawa-sentris, tetapi Indonesia-sentris. Dan, Tanah Papua menjadi prioritas dari pembangunan yang kita lakukan,” ujarnya.

Dia kemudian membeber sejumlah pembangunan yang telah dilakukan di Papua.

Mulai dari pembangunan Jalan Trans Papua dan jalan perbatasan, pembangunan dan revitalisasi bandar udara, hingga pembangunan kawasan perbatasan dan pos lintas batas negara (PLBN).

BACA JUGA: PLN Harus Mempertimbangkan Penggunaan Energi Terbarukan Guna Elektrifikasi di Papua

Jalan Trans Papua sepanjang 3.462 kilometer telah dibangun di Papua, jalan di perbatasan sepanjang 1.098 kilometer, Jembatan Youtefa 1,3 kilometer di Jayapura, Bandara Domine Eduard Osok di Sorong diperbaiki terminalnya.

"Bandara di Wamena kita bangun, Jayawijaya. Kemudian juga, pembangunan lintas batas di tiga lokasi, seingat saya di Skouw, kemudian di Sota, kemudian yang terakhir di Yetetkun, di Boven Digoel.  Semuanya telah kita selesaikan,” ungkapnya.

Jokowi sekali lagi menegaskan agar masyarakat Papua untuk terus mengawal proses pembangunan di Tanah Papua.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya