News Kamis, 10 Februari 2022 | 18:02

Laporkan Dudung Abdurachman, Koalisi Ulama Sodorkan Bukti dan Saksi

Lihat Foto Laporkan Dudung Abdurachman, Koalisi Ulama Sodorkan Bukti dan Saksi KSAD Dudung Abdurachman. (Foto: dok. TNI AD)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Koalisi Ulama, Habib dan Pengacara Anti Penodaan Agama ( KUHAP APA) menyerahkan sejumlah alat bukti dan dua orang saksi dalam kasus dugaan penodaan agama yang menjerat KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Koordinator KUHAP APA, Damai Hari Lubis mengatakan, bukti-bukti antara lain satu buah flashdisk berisi video YouTube podcast milik Deddy Corbuzier dengan durasi lengkap, serta cuplikan video podcast tersebut yang memuat pernyataan "Tuhan bukan orang Arab" dari Dudung Abdurachman.

Selain itu, ada pula 6 berkas pemberitaan di media online terkait objek materi laporan tersebut.

Perkara ini, kata Damai Hari Lubis, sudah naik ke tahap pengembangan seiring diperiksanya klien mereka, A. Syahrudin selaku saksi pelapor kasus ujaran "Tuhan kan bukan orang Arab" yang dilontarkan Dudung.

A. Syahrudin, selesai menjalani berita acara pemeriksaan (BAP) dengan menjawab 40 pertanyaan dalam pemeriksaan yang dimulai pada Rabu pagi, 9 Februari 2022 sekitar pukul 10.00 WIB dan berlangsung hingga malam sekitar pukul 22.00 WIB tersebut.

"Proses pemeriksaan oleh penyidik POMAD pada pembuatan BAP kemarin terhadap pelapor  berjalan lancar, kooperatif dan profesional, serta tidak ada intrik-intrik intimidasi sama sekali, melainkan proporsional," kata Damai Hari Lubis, dikutip Opsi pada Kamis, 10 Februari 2022.

"Selanjutnya kemarin kami diminta untuk hadirkan 2 orang saksi pelapor yaitu sdr. A. dan H.AA yang direncanakan pembuatan BAP-nya pada hari Jumat, 11 Februari 2022," tutur dia.

 KSAD Dudung Abdurachman. (Foto: dok. TNI AD)

Diberitakan sebelumnya, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman dilaporkan KUHAP APA atas dugaan penodaan agama secara verbal yang dilakukan saat KSAD hadir sebagai bintang tamu di porgram podcast milik Deddy Corbuzier.

Baca juga: Kasus Penodaan Agama Jenderal Dudung Abdurahman Masuk Tahap Pengembangan

Baca juga: Puspomad Usut Kasus Dudung Abdurachman, Koalisi Ulama Apresiasi Andika Perkasa

Ucapan Dudung mengenai "Tuhan kan bukan orang Arab" yang diucapkan di podcast tersebut, dianggap menyakiti hati umat Islam. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya