News Rabu, 16 Februari 2022 | 19:02

Selain Pratama Arhan, Ini Pemain Indonesia yang Pernah Bermain di Liga Jepang

Lihat Foto Selain Pratama Arhan, Ini Pemain Indonesia yang Pernah Bermain di Liga Jepang Pratama Arhan. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta  - Pratama Arhan resmi bergabung klub kasta kedua di Liga Jepang, Tokyo Verdy. Ini dipastikan Yoyok Sukawi selaku Chief Executive Officer (CEO) PSIS, klub di mana Pratama Arhan bernaung.

Yoyok menjelaskan bahwa sesuai komitmen PSIS, Pratama Arhan dilepas ke Tokyo Verdy tanpa fee transfer. 

Ini kata Yoyok, sebagai wujud dukungan PSIS kepada pemain berbakatnya untuk berkarier di luar negeri yang muaranya dapat menghantarkan prestasi bagi Timnas Indonesia.

“Hari ini dengan rasa bangga dan senang, kami umumkan kalau wonderkid PSIS jebolan Akademi PSIS, Pratama Arhan resmi kami lepas ke klub Jepang Tokyo Verdy,” ujar Yoyok di Semarang, Rabu, 16 Februari 2022.

Sementara itu, klub Tokyo Verdy, juga secara resmi mengumumkan transfer pemain PSIS Semarang Pratama Arhan. Terlihat di situs resmi klub tersebut, Rabu, 16 Februari 2022. 

Baca juga: Tokyo Verdy Umumkan Bergabungnya Pratama Arhan

"Bersama ini kami umumkan kepastian akan bergabungnya Pratama Arhan dari PSIS Semarang melalui transfer permanen," demikian informasi di laman klub tersebut.

"Ini merupakan kali pertama bagi kami, Tokyo Verdy, mendapatkan pemain asal Asia Tenggara," katanya kemudian.

Pratama Arhan bukanlah satu-satunya pemain Indonesia yang merasakan kompetisi di Negara Sakura itu. Ada tiga pemain Indonesia yang sempat mencicipi kompetisi di sana.

Yang pertama adalah Ricky Yakobi. Bisa disebut eks striker Timnas Indonesia itu pembuka jalan bagi pemain Indonesia di Liga Jepang. 

Ricky memang kesulitan mengembangkan kariernya di Liga Jepang, karena faktor cuaca yang dingin. Dia bernaung di klub Gamba Osaka.

Berikutnya ada Irfan Bachdim pernah membela klub Ventforet Kofu dan klub Consadole Sapporo. Terakhir ada Stefano Lilipaly pernah memperkuat klub Consadole Sapporo. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya